Zakat dan Wakaf kemenag

Menag: Pemerintah Tidak Mentarget Penerimaan Zakat ASN Muslim

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa pemerintah tidak mempunyai target tertentu terkait rencana penghimpunan zakat bagi ASN Muslim. Menurutnya, pemerintah hanya akan memfasilitasi agar potensi zakat yang besar itu bisa mewujud atau menjadi aktual.

“Pemerintah tidak punya target. Tentang angka 10 triliun itu, jawaban ketika ada temen media menanyakan berapa potensi yang dapat dihimpun,” terang Menag di Jakarta, Kamis (08/02).

Menurut Menag, pemerintah tidak mengelola dana zakat. Dana yang terhimpun nantinya akan didayagunakan oleh BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang saat ini sudah berjalan profesional.

“Pemerintah semata memfasilitasi sehingga dana yang masih dalam bentuk potensi ini bisa aktual dan selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, mengentaskan kemiskinan dan mengatasi berbagai persoalan keumatan lainnya,” ujar Menag.

Menag mengaku saat ini pihaknya masih mendalami substansi regulasi. Nantinya, regulasi itu tidak hanya mengatur masalah mekanisme penghimpunan, tapi juga akan mengatur pendayagunaan dan pengawasan. Hal itu dimaksudkan agar publik juga mempunyai akses untuk ikut mengawasi dana zakat.

“Oleh para pengelola, dana itu digunakan untuk apa. Sistem ini yang sedang kita bangun. Akan berbasis elektronik agar efisien dan transparan. Publik harus tahu dana digunakan untuk apa saja,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: