Zakat dan Wakaf kemenag

Buka Munas Forum Zakat, Menag Berpesan Soal Kesadaran dan Transparansi

Lombok (ikhlasberamalnews.com) — Forum Zakat menggelar Musyawarah Nasional ke-8 di Lombok, NTB. Munas yang akan berlangsung 1-3 Februari ini dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Selain ratusan peserta Munas utusan pengurus wilayah Forum Zakat dan pimpinan Lembaga Amil Zakat, tampak hadir Ketum MUI KH Ma’ruf Amin, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf M Fuad Nasar, serta Kakanwil Kemenag NTB dan Rektor UIN Mataram.

Dua hal dipesankan Menag saat memberikan sambutan. Pertama terkait pentingnya membangun kesadaran umat tentang zakat.

“Perlu dibahas bersama bagaimana kita mampu lebih menumbuhkan kesadaran umat, bahwa zakat tidak semata-mata kewajiban personal, tapi sebuah instrumen strategis untuk meningkatkan kepedulian sosial dan memperhatikan kesejahteraan sesama,” terang Menag di Lombok, Kamis (01/02).

“Orientasi sosial perlu ditumbuhkembangkan,” lanjutnya.

Menumbuhkan kesadaran ini tidak hanya menjadi tanggung jawab amil zakat, tapi kerja besar semua pihak, termasuk para da’i.

“Zakat adalah instrumen luar biasa. Pemaknaan zakat perlu digencarkan agar umat semakin sadar untuk membayar zakatnya,” kata Menag.

Apalagi, kata Menag, potensi zakat luar biasa, tidak kurang Rp200 triliun. “Ini belum optimal sehingga perlu dibangun kesadaran,” tandasnya.

Pesan Menag kedua terkait pengumpulan dan transparansi penggunaan dana zakat. Menurutnya, setelah muncul kesadaran umat, maka perlu dipikirkan tentang mekanisme pengumpulan dana zakat.

Dalam konteks ini, trust atau kepercayaan menjadi kunci sehingga transparansi menjadi keharusan.

“Membangun trust membutuhkan transparansi. Kalau masyarakat tahu dananya bermanfaat, tentu dengan senang hati mereka akan menyisihkan uangnya,” tegas Menag.

“Amil harus profesional dan berintegritas,” sambungnya.

Menag menyampaikan apresiasi kepada Forum Zakat, seluruh lembaga Amil Zakat, pegiat zakat (amilin) yang telah bekerja agar zakat bisa berdampak positif bagi masyarakat.

Pembukaan Munas Forum Zakat ini ditandai dengan pemukulan Gendang Beleq oleh Menag Lukman bersama KH Ma’ruf Amin. Ikut menyaksikan, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

Ketum Forum Zakat Nur Efendi melaporkan bahwa Munas ke-8 ini dihadiri 250 lembaga amil zakat dari Aceh hingga Papua. Selain itu, hadir juga pimpinan Forum Zakat wilayah dari Aceh hingga Papua.

Menurutnya, ada tiga isu pokok yang akan dibahas, yaitu: penguatan kolaborasi antar lembaga, peningkatan kapasitas amil zakat, dan penguatan regulasi zakat.

Baca juga:

 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: