Pendidikan Islam kemenag

Kemenag Siapkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi 5.000 Guru

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) – Kementerian Agama siapkan program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan tahun 2018. Menurut Dirjen Pendis Kamaruddin Amin saat  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2018, Selasa (30/1), guru merupakan elemen paling menentukan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia untuk kemajuan bangsa di masa depan sehingga sangat penting meningkatkan profesionalitas,  kualifikasi, kompetensi juga sertifikasinya.

“Sesuai namanya, program ini diorientasikan pada upaya peningkatkan kompetensi dan kinerja guru serta tenaga kependidikan secara berkelanjutan bagi  5.000 guru yang memenuhi persyaratan,” ucapnya.

Menurutnya,  berdasarkan Peraturan MenPAN&RB Nomor 16 Tahun 2009, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dan tenaga kependidikan madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja guru madrasah.

Ditambahkannya, persoalan lainnya yang juga menjadi fokus Kemenag yaitu  terkait sertifikasi guru dan pembayaran tunjangan sertifikasi guru. Selain  itu Kemenag juga sedang menyiapkan assesment bagi guru melalui aplikasi elektroklnik, jelasnya.

Hal senada disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK ) Madrasah, Suyitno,  Menurutnya Direktorat GTK memiliki tugas berat dalam menuntaskan Sertifikasi guru dan pembayaran tunjangan sertifikasi guru yang terus kita selesaikan secara bertahap.

 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: