Pendidikan Islam

Kemenag Lakukan Rekayasa Kurikulum Madrasah

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) — Kementerian Agama akan melakukan rekayasa kurikulum agar bersifat fleksibel dan mudah disesuaikan perkembangan zaman. Hal ini disampaikan Direktur Kurikulum Sarana  Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A. Umar.

“Kita akan coba mengemas  kurikulum kita  menjadi kurikulum yang tidak kaku dan lentur,  tetapi tidak mengurangi sunstansi  materi dan konten,” ujar di Jakarta, Selasa (06/02).

Umar menjelaskan, kelenturan kurikulum ini akan memberikan keleluasaan bagi setiap madrasah untuk mengembangkan  kultur budaya daerah  yang menonjol dan positif, memasukan kearifan  lokal dalam materi pembelajarannya.

“Dengan rekayasa kurikulum,  akan ada kurikulum pokok yang diperuntukan bagi semua madrasah se Indonesia,  ada kurikulum pilihan misalnya tahfizh, robotik, Bahasa  Arab atau  Bahasa Inggris, serta  kurikulum muatan lokal,” jelas Umar.

Sebelumnya, Dirjen Pendis Kamaruddin berharap kelenturan kurikulum  akan dapat memberikan ruang yang cukup luas bagi madrasah untuk berkembang sesuai kebutuhan dan potensi yang dimiliki madrasah. “Kemenag tetap berkonsentrasi pada kurikulum yang mengedepankan pendidikan  karakter yang tetap mengacu pada  ideologi pancasila dan falsafah  Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Baca juga:

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: