kemenag

UIN Malang Tuan Rumah International Conference On University-Community Engagement

Jakarta (Kemenag) — Univeritas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang pada Oktober mendatang akan menjadi tuan rumah Mengaji Indonesia sekaligus agenda International Conference On University-Community Engagement (ICON UCE) ke- III.

“Terimakasih Pak Menteri, atas waktunya menerima kami, selaku panitia dan tuan rumah agenda Mengaji Indonesia dan sekaligus tempat acara ICON UCE ke III,” kata Rektor Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Abdul Haris, di ruang rapat kantor Kementerian Agama jalan Lapangan Banteng Barat nomor 3-4 Jakarta, Jum’at (21/09).

Abdul Haris melaporkan kepada Menag, bahwa secara keseluruhan persiapan acara, kampus UIN Maulana Malik Ibrahim siap akan menjadi tuan rumah kedua event nasional dan internasional tersebut. Untuk acara Mengaji Indonesia, UIN Malang menjadi tempat ke lima setelah UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sumut, UIN Tulung Agung, dan UIN Walisongo Semarang.

Sementara, lanjut Abdul Haris, untuk acara ICON UCE menjadi tuan rumah ketiga setelah UIN Alauddin Makassar (2014) dan UIN Sunan Ampel Surabaya (2016).

“Acara ini direncakan akan berlansung pada tanggal 8-10 Oktober mendatang,” kata Abdul Haris.

Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dit. PTKI Suwendi menjelaskan agenda ICON UCE ke-III ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan praktik lapangan terkait keterlibatan universitas-komunitas dan lembaga terkait.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi kesiapan UIN Malang menggelar dua acara tersebut. Menag berharap narasumber yang dipilih dalam ICON UCE dan Mengaji Indonesia memiliki track record yang baik pada bidangnya.

Berita Terkait : IAIN Tulungagung Tuan Rumah Mengaji Indonesia Edisi III

Dijelaskan Menag Lukman, terkait tema Mengaji Indonesia di UIN Malang agar dimusyawahkan dengan baik dan menarik. Terkait ICON UCE, Menag Lukman menggarisbawahi, agar semua panitia lebih dapat menggiring gaung dan atau output yang akan dicapai.

Baca juga : Sekjen Kemenag Buka International Conference On University-Community Engagement

Bagi Menag Lukman, karena acara ini menjadi wadah untuk menggali dan memunculkan tradisi, paradigma baru tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dari pengabdian masyarakat menjadi kemitraan masyarakat.

Kepala Biro HDI Mastuki menjelaskan bahwa event ICON UCE III ini nantinya dapat menampilkan dan melahirkan kolaborasi serta kemitraan antara kampus dan masyarakat yang menjadi ujung tombak kesuksesan pembangunan nasional yang tengah dicanangkan oleh pemerintah.

“Paradigma kemitraan masyarakat mengisyaratkan adanya kesetaraan antara Universitas dan masyarakat dalam mendorong upaya perubahan yang berkelanjutan,” kata Mastuki.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: