kemenag Pendidikan Islam

Tiga Siswa MAN 2 Mataram akan Berkompetisi pada World Scholar’s Cup di Sydney

Mataram (ikhlasberamalnews) — Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram (MAN 2 Mataram) siap berkompetisi dalam World Scholar’s Cup, di Sydney, Australia. Siswa-siswi MAN 2 Mataram tersebut adalah: Caliana Alula (Kelas 12 IPS), puteri dari pasangan  Rusli dan Baiq Ratnayani Sri Susilawati; Khansa Farinda Khalishah (Kelas 12 IPA) puteri dari pasangan  Fajar Kuncoro dan Melanda Dwi Martha; Maulana M. Fikri (Kelas 12 Bahasa), putera dari pasangan  Idrus dan  Bintang Zahra.

Mereka melaju pada babak Global Round yang akan digelar pada 15-21 Agustus 2019 mendatang, setelah lolos pada regional round (putaran regional) yang diselenggarakan di  Australia Independent School Indonesia, Bali, pada 8-9 Mei lalu.  Penjelasan ini disampaikan guru MAN 2 Mataram Fina Karisma Yanti, di Mataram.

Fina, yang juga merupakan guru pembimbing tim ini menceritakan bahwa kompetisi ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini, untuk putaran regional diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali.

“Kami adalah satu-satunya peserta dari madrasah, pada putaran regional di Bali. Waktu itu pesertanya berjumlah 219 tim dari sekolah-sekolah Internasional, berbahasa Inggris.  Ada yang dari Malaysia, Singapura dan India,” tutur Fina, guru bahasa Inggris kelahiran Bali ini, Jumat (28/06).

Fina menuturkan bahwa ketiga siswa-siswinya ini mendapatkan banyak achievement (pencapaian) yang lumayan baik pada Regional Round ini. Fina juga menjelaskan bahwa di dalam kompetisi ini ada empat jenis lomba.

Pertama adalah debat bahasa Inggris. Mereka diberikan tema tertentu dan harus berdebat dengan lawan debatnya. Unsur-unsur yang dinilai banyak sekali, termasuk pronunciation (pelafalan), etika berdebat, gesture, dan sebagainya. Kedua adalah collaborative writing. Yakni membuat sebuah tulisan dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. Penulisannya ada yang bersifat individu dan tim.

“Ketiga adalah school challenge, semacam olimpiade sains. Temanya dalam schoola challenge ini beragam, mulai dari history, poem, music social studies, science, literature, dan sebagainya. Keempat adalah scholars bowl, semacam cerdas cermat namun diberi soal dan harus menjawab dengan cepat,” jelas Fina panjang lebar.

Dalam kompetisi Regional Round ini tim dari MAN 2 Mataram mendapatkan achievements sebagai berikut:

  1. Gold Medal of Champion scholar (Caliana Alula)
  2. Gold Medals of Colaborative Writing (Caliana Alula & Maulana M. Fikri)
  3. Gold Medal of Top Scholar (Caliana Alula)
  4. Gold Medal of Special Area (Caliana Alula)
  5. Gold Medals of Team Writing ( Caliana Alula, Khansa Farinda Khalishah, Maulana M Fikri)
  6. Silver Medal of  Colaborative Writing (Khansha Farinda Khalishah)
  7. Silver Medals of 7th place of Scholar’s Qualifier (Caliana Alula, Khansha Farinda Khalishah & Maulana M. Fikri)
  8. Silver Medals of Scholar’s Bowl (Caliana Alula, Khansha Farinda Khalishah & Maulana M. Fikri)
  9. Silver Medals of Champion Debater (Caliana Alula & Maulana M. Fikri)
  10. Silver Medal of Science (Caliana Alula)

Tim MAN 2 Mataram berhasil menempati urutan ke – 7 dari 10 besar yg terpilih dan berhak untuk melaju ke tahap Global Round yang akan dilaksanakan di Sydney-Australia pada tgl. 15 – 20 Agustus 2019.

Kini, bersama Fina, mereka sedang intesif berlatih untuk mempersiapkan kompetisi selanjutnya di Australia. Mohon doa untuk mereka (NJ/HF)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: