kemenag

Tiga Alasan Kemenag Hadirkan Program Percontohan Daerah Binaan 

Tembilahan (ikhlasberamalnews) — Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin menyatakan ada tiga alasan di balik upaya Kementerian Agama menghadirkan Program Percontohan Daerah Binaan Bimas Islam di sejumlah daerah di Indonesia. 

Hal ini disampaikan Muhammadiyah Amin saat melaunching Program Percontohan (Proper) Daerah Binaan Bimas Islam di Masjid Nurjihad, Jalan Tanjung Harapan, Kelurahan Sungai Beringin, Tembilahan, Kamis (29/09).

“Alasan pertama merupakan bentuk pengejawantahan Misi Ditjen Bimas Islam, yaitu Meningkatkan Kualitas Bimbingan, Layanan Keagamaan, dan Pemberdayaan Potensi Ekonomi Umat Islam Indonesia,” ujar Muhammadiyah Amin di hadapan Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dan ratusan undangan. 

Alasan kedua, lanjut Muhammadiyah Amin, proper merupakan bukti kehadiran negara dalam mengentaskan kemiskinan sekaligus menjaga dan memelihara esensi ajaran Islam yang hakikatnya peduli pada sesama.

“Alasan ketiga adalah bentuk penegasan Kementerian Agama yang semakin dekat dengan umat,” kata Muhammadiyah Amin. 

Putra jati Kabupaten Indragiri Hilir Riau ini menambahkan, Program Percontohan ini sudah dilakukan sebelumnya di dua wilayah yaitu Sambas Kalimantan Barat tahun 2018 dan Bantar Gebang Bekasi Jawa Barat. 

“Saya tegaskan sesuai namanya, Program Percontohan harus betul-betul menjadi contoh. Jangan hanya diresmikan lalu hilang,” ujarnya. 

“Ini pertaruhan kita bahwa ini harus berlanjut di masa yang akan datang. Karena kita sudah nyatakan ini sebagai program percontohan, sehingga harus menjadi contoh,” sambungnya.

Tampak turut mendampingi Dirjen Bimas Islam, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Kasubbdit Kemasjidan, Kakanwil Kemenag Riau dan Kakankemenag Inhil. 

Launching Program Percontohan Daerah Binaan juga dihadiri segenap tokoh masyarakat, alim ulama serta para penyuluh se Kabupaten Indragiri Hilir.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: