Haji dan Umrah kemenag

Tiba di Tanah Suci, Jangan Lupa Nyalakan Data Roaming Ponsel Anda

Madinah (ikhlasberamalnews) — Jemaah haji telah mulai berdatangan di tanah suci, namun tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan kesulitan untuk berkomunikasi dengan sanak keluarga di tanah air. Padahal mereka telah membekali diri dengan gawai, lengkap dengan paket data yang dikhususkan untuk jemaah haji yang telah dibeli di tanah air.

Jemaah yang baru saja landing, umumnya ingin mengabarkan ke sanak keluarga bahwa mereka sudah tiba di tanah suci dengan selamat. Seringkali tim Media Center Haji (MCH) diminta bantuan untuk mengaktifkan paket internet jemaah haji ketika meliput kedatangan jemaah.

“Mba, bisa bantu cek HP saya, kenapa tidak bisa kirim WA (Whatsapp-red) ya?” ujar Agus (53 th), jemaah haji asal embarkasi Surabaya. Demikian juga dengan Eva (46 th) salah satu petugas haji daerah kerja Madinah yang mengeluhkan kesulitan mengakses internet ketika baru tiba di tanah suci

Sebelum berangkat ke tanah suci, jemaah bisa membeli paket data Arab Saudi yang telah banyak ditawarkan oleh provider di tanah air. “Pastikan setelah membeli paket, jemaah menerima SMS yang menyatakan bahwa paket yang dibeli telah aktif,” ujar Muhammad Haekal Hafiz, perwakilan salah satu provider terkemuka di Indonesia ketika ditemui di gerainya yang berada tidak jauh dari Masjid Nabawi.

Hal ini perlu diperhatikan agar jemaah dapat menikmati layanan paket internet selama di tanah suci. Lalu mengapa setelah menerima SMS notifikasi paket telah aktif tetapi tidak dapat langsung melakukan aktifitas jelajah internet dan tidak dapat mengakses media sosial.

“Pastikan tombol Jelajah/Roaming dalam posisi ON (hidup) untuk dapat menikmati layanan data di handphone Anda,” ujar Haekal.

Ia memastikan, setelah data roaming dinyalakan, jemaah dapat menikmati layanan paket data sesuai dengan kapasitas yang dibeli.

“”Pulsa akan aman setelah membeli paket roaming haji 3 in 1 atau data only,” pungkasnya.

Selain membeli paket data di tanah air, jemaah juga bisa membeli paket data di gerai salah satu provider terkemuka di tanah air yang membuka gerai di sekitaran Masjid Nabawi. Bisa juga membeli kartu lokal (Arab Saudi) yang dapat dijumpai digerai-gerai di sekitar Masjid Nabawi bahkan ada beberapa provider lokal juga membuka stand di hotel-hotel tempat jemaah menginap. Namun untuk aktivasi kartu lokal, provider lokal akan meminta jemaah untuk menunjukkan paspor dan memindai sidik jari mereka.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: