kemenag

Terbagi Tiga Komisi, Peserta Rakernas Bahas Program Prioritas Kemenag

Jakarta (ikhlasberamalnews) —- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2018 hari ini, Selasa (30/01) memasuki hari kedua. 

Mengawali, pagi tadi digelar diskusi interaktif menghadirkan tiga narasumber yaitu; Sekretaris Jenderal Nur Syam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dan Inspektur Jenderal M. Nur Kholish Setiawan membahas isu-isu strategis keagamaan dan sinergitas program strategis Kementerian Agama.

Diskusi yang dikemas interaktif diikuti peserta dengan sangat antusias, forum diskusi ini dimanfaatkan untuk mencurahkan segala permasalahan yang dialami pada masing-masing unit kerja. 

Kepala Badan Jaminan Produk Halal (BPJPH)  Sukoso berharap agar badan yang baru saja berdiri ini didukung oleh teknologi informasi yang memadai, demikian juga terkait sarana dan pra sarana BPJPH. 

Terkait sinergitas program strategis Kemenag, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi M. Zain berharap agar Puslitbang dan Ditjen Pendis dapat lebih bersinergi dalam memajukan penelitian agama.

Usai diskusi, peserta Rakernas dibagi menjadi 3 komisi yang masing-masing membahas kegiatan prioritas Kemenag di tahun 2018 ini. Komisi I dipandu oleh Karo Ortala Afrizal Zen mempanelkan Sekjen Nur Syam, Karo Perencanaan Ali Rokhmat dan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Suhaili membahas sinkronisasi pusat dan daerah dalam pemenuhan 8 area perubahan reformasi birokrasi Kemenag. 

Program prioritas yang dibahas dalam sidang komisi I, meliputi : netralitas ASN dalam partai dan pilkada, implementasi 8 area perubahan reformasi birokrasi Kemenag, SALAM-Silaturahmi Lembaga Keagamaan, NGOPI-Ngobrol Pendidikan Islam, BERKAH-Belajar Rahasia Nikah, Bina Kawasan dan Guru Kunjung, TPG/Dosen.

Komisi II dipandu oleh Karo Umum Syafrizal, membahas tentang peningkatan pelayanan publik Kemenag dengan narasumber staf khusus Hadi Rahman, Karo HDI Mastuki, Kakanwil DI Yogyakarta M. Lutfi Hamid. Sidang komisi II membahas program prioritas, antara lain : E-Government dan Layanan Online, SAPA–Sarapan Bersama Penyuluh Agama,  MORA Cyber Team– Pengelolaan Medsos, NGAJI–Ngobrol soal Haji, Pembinaan rumah ibadah, Standardisasi Ceramah, Halal Indonesia, SBSN.

Sedangkan komisi III membahas digitalisasi dan tema unggulan internasionalisasi PTKN dipandu oleh Karo Hukum dan KLN Gunaryo dengan narasumber Dirjen Pendis Kamaruddin Amin dan Kabalitbang Diklat Abdurrahman Mas’ud. 

Sidang ini membahas program prioritas :Riset Prioritas, NYANTRI–Magang Siswa/ Mahasiswa, Mengaji (Mengasah Jati Diri) Indonesia, BLU, PHLN, Buku Ajar, Indeks Kerukunan, Survei Kepuasan, Indeks Pembangunan Manusia.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: