kemenag

Siswa MAN 1 Maluku Tengah Juara Nasional Programer Muda

Tulehu (ikhlasberamalnews) — Nursakinah Umasangadji, siswa MAN 1 Maluku Tengah (Mansamegah) sukses menyelesaikan Program Pelatihan Desain Web yang digelar Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LKP) Omah Tech bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Persatuan Guru NU dan Kementerian Agama. Karena pandemi, wisuda programer muda ini digelar via zoom meeting pada Jumat, 15 Januari 2021.

Gina, begitu nama sapaannya, merasa bersyukur dan bahagia mampu menyelesaikan program yang padat dan ketat ini. Selama enam hari dalam seminggu, kecuali Minggu, ia bersama peserta lainnya diberikan pelatihan materi bahasa pemrograman hingga mampu membuat jaringan web sendiri untuk berbagai kebutuhan.

“Sejak Oktober 2020 hingga Januari 2021 atau kurang lebih 3 bulan, Kami mendapatkan materi pelatihan melalui zoom yang lumayan berat. Dalam seminggu sebanyak enam hari dilaksanakan pelatihannya,” kata Gina, Senin (18/01).

Sistem pelatihannya, menurut Gina, terbagi dalam tujuh level. Setiap peserta wajib mengikutinya sebelum dinyatakan lulus. Banyak peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, satu demi satu “berguguran”, lantaran tidak tahan dengan pola pembelajaran yang panjang.

“Awalnya saya dapat informasi dari madrasah kalau ada kegiatan ini yang sifatnya gratis. Banyak juga teman-teman Gina yang ikut sih, begitu juga yang dari sekolah lain, tapi lama kelamaan sebagian besarnya mundur,” terang Gina.

Gina terpilih sebagai peserta terbaik dari puluhan siswa se-Indonesia. Prestasi ini pun membawa nama harum Provinsi Maluku di Tingkat Nasional, MAN 1 Maluku Tengah, dan kedua orang tua. “Alhamdulillah, tidak menyangka juga bisa terpilih menjadi juara 3 umum, karena prinsipnya Gina ikut saja semua tugas yang diberikan dengan baik, sehingga hasilnya bisa seperti itu,” ujar Gina penuh rasa.

Menurut Gina ilmu dan pengalamannya ini bisa menjadi bekal untuk dikembangkan lagi dalam memilih jurusan kuliah ketika sudah tamat dari madrasah. “Iya, dipertimbangkan bisa memilih jurusan Multimedia nanti ketika sudah lulus dari sini (MAN), karena sudah senang sich dengan pembuatan programer web ini,” demikian Gina.

Kepala MAN 1 Maluku Tengah Nurdin Nur Marasabessy merasa bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya dengan menyelesaikan program pelatihan tingkat nasional. Nurdin Nur Marasabessy mendorong para siswanya yang untuk lebih banyak lagi mengusai IT sebagai bekal mereka meraih masa depan sesuai dengan revolusi Industri dan komunikasi yang bergerak begitu cepat terlebih di masa Pandemi Covid-19.

“Saya bangga ada siswa kami di sini mampu diwisuda di bidang web, bahkan berhasil meraih juara ketiga nasional. Hal ini dapat memacu teman-temannya yang lain untuk juga mendalami IT di mana pada era industri 4.0 saat ini perkembangannya begitu pesat,” ujarnya.

Marasabessy juga menjelaskan bahwa prestasi yang ditorehkan salah satu siswanya tersebut sejalan dengan salah satu progran unggulan yang dijalankannya saat ini, yakni pemanfaatan IT dalam dunia pendidikan, termasuk untuk siswa yakni antara lain melalui program jurnalis siswa dengan memanfaatkan berbagai sarana IT yang ada.

“Prestasi yang diraih Gina ini sudah sejalan dengan program unggulan kita saat ini khususnya di bidang IT. Dalam waktu dekat akan tiba perangkat IT yang terbilang lengkap dan bertsandar dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga ini, di mana siswa melalui Tim jurnalis siswa akan dilatih untuk dapat mengoperasionalkan secara maksimal,” tandasnya. (JSE)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: