kemenag

Serahkan DIPA, Sekjen Titipkan Rumus TOT pada Jajarannya

Jakarta (Kemenag) — Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pada para kepala biro dan pusat di lingkungan Setjen Kementerian Agama. Dalam kesempatan tersebut, Nur Syam memaparkan 3 (tiga) langkah pelaksanaan anggaran yang dirumuskan menjadi TOT.

Langkah yang pertama, Telaah DIPA. Nur Syam berpesan agar DIPA yang sudah diterima dicermati, apakah sudah relevan dengan sasaran strategis dan indikator kinerja utama Sekretariat Jenderal atau belum?. “Langkah ini diperlukan agar dapat memastikan bahwa seluruh perencanaan yang dibuat sudah relevan dengan program-program utama/ RKP,” ujar Sekjen, Kamis (04/01).

Sekjen menginstruksikan pada Kepala Biro Perencanaan untuk membahas kembali DIPA baik pada unit kerja pusat mau pun daerah agar dapat disesuaikan dengan sasaran strategis dan indikator kinerja utama Sekretariat Jenderal.

“Ujung dari telaah itu adalah revisi, jika sekiranya ada program yang tidak cocok lakukan revisi, jangan ragu-ragu agar semua sesuai on the track,” ujar Sekjen Nur Syam.

Langkah selanjutnya, Optimalisasikan pelaksanaan kegiatan. Menurut Sekjen langkah ini diperlukan agar tidak terjadi lagi penumpukan anggaran di tri wulan ke-3. Ia menyarankan agar dibuat pemetaan program seusai dengan skala prioritas dalam hal pelaksanaan kegiatannya.

Langkah terakhir adalah Tuntaskan target, baik itu target serapan anggaran, target sasaran dan target hasil (out come). Di mana target daya serap anggaran Sekretariat Jenderal untuk tahun 2018 92%.

Di kesempatan yang sama, Sekjen juga mengajak jajarannya untuk kembali mengevaluasi penyerapan anggaran di tahun 2017. Menurutnya, dengan evaluasi yang dilakukan, maka akan dapat dipetakan ketepatan sasaran dari program yang telah dilaksanakan.

“Penyerapan anggaran harus berkorelasi dengan program dan kegiatan yang tepat sasaran, ” imbuhnya.

Sekjen juga menegaskan bahwa rendahnya penyerapan anggaran belum tentu tidak tepat sasaran. Menurutnya penyerapan anggaran yang rendah bisa terjadi karena efisiensi.

“Sisa itu bukan anggaran yang tidak terpakai tapi bisa jadi efisiensi,” ujar Sekjen.

Tampak hadir dalam penyerahan DIPA Sekretaris Jenderal, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment


smallseotools.com

%d bloggers like this: