kemenag

SBSN, Prestasi MTsN 1, dan Satu-Satunya Madrasah Berasrama di Batang Hari

Batang Hari (ikhlasberamalnews) — Madrasah Tsanawiyan Negeri (MTsN) 1 Batang Hari adalah salah satu MTsN yang ada di Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Tahun 2019, MTsN 1 Batang Hari mendapat bantuan pembangunan gedung asrama siswa dengan  skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Kepala  MTsN 1 Batang Hari Erman mengatakan, asrama digunakan untuk ruang pembinaan, sekaligus mendukung kegiatan ekstrakurikuler siswa. Ada sejumlah kegiatan ekstra yang dikembangkan, antara lain: tilawatil Qur’an, kepramukaan, seni, olah raga, dan lainnya.

“Alhamdulillah, asrama ini menjadi tempat nyaman bagi siswa  untuk  mengkaji ilmu agama dan ilmu umum lainnya. Semoga itu bisa menjadi bekal masa depan mereka,” ungkap  Erman di Batang Hari, Jumat (08/01).

“Beberapa ruangan  juga sering digunakan oleh para pembina kegiatan ekstrakurikuler, untuk bimbingan Matematika, IPA, dan mata pelajaran lainnya,” sambungnya.

Asrama siswa ini menjadi ikon MTsN 1 Batang Hari. Sebab, madrasah ini adalah satu-satunya MTsN yang memiliki asrama siswa di Kabupaten Batang Hari, Jambi.

Menurut Erman, sarana yang ada dioptimalkan untuk mengejar prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. Di tingkat kabupaten,  MTs Negeri 1 Batang Hari sering menjuarai kegiatan kepramukaan. MTsN 1 Batang Hari mendapat predikat Gudep tergiat. “Bahkan, tahun 2020, para siswa meraih Juara I  Putra dan Putri Lomba Cerdas Cermat Pramuka  Tingkat Kabupaten Batang Hari,” tutur Erman.

Di bidang olahraga juga tidak kalah cemerlang. Siswa MTsN Batang Hari meraih Juara I Putri Lomba Senam Kesegeran Jasmani Tingkat Kabupaten Batang Hari dan Tingkat Provinsi Jambi. “Juga meraih Juara 1 Lomba Batang Hari Marching Competition (BHMC) Tingkat Nasional,” jelasnya.

“Semua dipersiapkan dalam kegiatan ektrakurikuler yang memanfaatkan aula asrama MTsN 1 Batang Hari,” lanjutnya.

Di bidang akademik, siswa MTsN 1 Batang Hari meraih  juara II Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020 tingkat Provinsi Jambi  cabang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Salah satu siswa MTsN 1 Batang Hari juga ada yang menjadi wakil provinsi Jambi dalam MTQ Tingkat Nasional 2020 di Padang. Sementara  di bidang seni, siswa MTs Negeri 1 Batang Hari  meraih juara I Kompangan tingkat Kabupaten Batang Hari. 

MTsN 1 Batang hari mempunyai visi ‘Terwujudnya Insan Madrasah Yang Kompetitif, Unggul Dalam Mutu Dan Berakhlakul Karimah’. “Kita harus tetap semangat dan  tidak boleh kalah dengan situasi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Semua kegiatan diusahakan dapat berjalan sesuai dengan program yang sudah direncanakan,” tutup Erman.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: