kemenag

SBSN MAN 2 Kota Palu dan Pembelajaran Berbasis Ma'had

Kota Palu (ikhlasberamalnews) — MAN 2 Kota Palu menerima bantuan pembangunan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada tahun 2019 . Dana tersebut digunakan untuk membangun gedung bertingkat Asrama Islamic Boarding School yang kemudian diberi nama Ma’had Daarul Muhsin (IBSMDM) MAN 2 Kota Palu.

Kepala MAN 2 Kota Palu Muhammad Anas mengatakan, gedung SBSN itu diperuntukkan sebagai tempat mukim sekaligus ruang belajar santriawan dengan kapasitas 60 orang.

“Gedung ma’had ini digunakan sejak tahun 2020. Para santri dibimbing para kiai dan ustadz dalam beragam program kepesantrenan,” terang Muhammad Anas di Kota Palu, Senin (11/01).

Menurut Anas, program IBSMDM MAN 2 Kota Palu sebenarnya dirintis sejak 2011. Keberadaan asrama SBSN ini menambah semangat para pengelola dan pengajar untuk semakin meningkatkan kualitas pembelajaran. Program unggulan IBSMDM  adalah tahsin dan tahfidz Al Qur’an. Program ini diberikan kepada seluruh santri IBSMDM MAN 2 Kota Palu, baik jurusan IPA maupun  jurusan Agama. 

“Termasuk di dalamnya, penguatan bahasa asing dan pembinaan karakter, melalui pembiasaan rutinitas ibadah sehari hari,” terang Anas.

“Mereka bermuamalat dengan para kiai dan ustadz, serta rekan rekan santri dari berbagai daerah dan budaya berbeda,” lanjutnya.

Anas menambahkan, alumni MAN 2 Kota Palu kini berhasil lolos beasiswa pendidikan di Universitas Al- Azhar, Kairo-Mesir. Sebagian lainbya, melanjutkan ke Universitas Gaja Mada Yokyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Alauddin Makassar, dan Universitas Makassar. 

“Ada juga beberapa lulusan yang mendapat beasiswa kuliah, di antaranya dari Pertamina,” tuturnya.

“Saat ini, ada 22 santri kelas XII jurusan IPA dan Agama yang sedang digodok para ustaz dari Timur Tengah selama 6 bulan sebagai persiapan beasiswa ke Universitas Al- Azhar Kairo pada Fakultas Kedokteran dan Keagamaan,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: