kemenag

SBSN dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (ikhlasberamalnews) — Berlokasi di pinggir Sungai Serang Wates Kulon Progo, banjir kerap menimpa MAN 2 Kulon Progo dalam rentang 2005 – 2017. Peralatan keterampilan yang berukuran besar, berat, dan juga mahal acapkali terendam banjir. Ini tentu tak baik untuk menjaga kualitas alat dan proses belajar mengajar siswa akan terganggu. 

Mantan Kepala MAN 2 Kulon Progo Anita Isdarmini mengatakan, keadaan mulai berubah setelah pada tahun 2019, MAN 2 Kulon Progo mendapat bantuan pembangunan sarana prasarana dengan skema biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Anggaran tersebut digunakan untuk membangun Gedung Keterampilan Terpadu berlantai tiga di kampus II yang berlokasi di Gotakan Panjatan Kulon Progo. 

“Salah satu yang membuat masyarakat percaya pada MAN 2 Kulon Progo adalah dibangunnya gedung SBSN dari Kementerian Agama dengan fasilitas utama workshop keterampilan. Apalagi madrasah ini sebagai rujukan madrasah keterampilan di Indonesia,” terang Anita di Yogyakarta, Rabu (23/12) yang kini dipercaya sebagai Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY.

“SBSN meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menitipkan anaknya menempuh pendidikan di MAN 2 Kulon Progo,” lanjutnya 

Selain sarana prasarana yang semakin lengkap dan megah, kepercayaan masyarakat juga tumbuh karena prestasi siswa MAN 2 Kulon Progo yang terus meningkat, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional. Terbaru, madrasah ini masuk dalam TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Tahun 2020.

Manurut Anita, inovasi yang dikembangkan MAN 2 Kulon Progo berjudul MAN de MOTEFA (Madrasah Aliyah Negeri dengan Modified Teaching Factory). Program ini berupaya menciptakan madrasah technopreneur, yakni memiliki kemampuan dalam ilmu agama, ilmu umum, dan keterampilan berwirausaha. 

“Inovasi ini dalam rangka menjawab kebutuhan Kabupaten Kulon Progo akan tersedianya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berakhlak luhur,” tutur Anita.

Tentang besarnya manfaat dari bantuan SBSN juga disampaikan Ketua Komite MAN 2 Kulon Progo Ahmad Suadi. Menurutnya, SBSN merupakan hal yang sangat bermanfaat baik bagi siswa MAN 2 Kulon Progo maupun guru dan masyarakat. 

“Program ini agar berjalan maksimal, maka harus diikuti program lain yang mendukung, seperti: peningkatan mutu guru dan komitmen madrasah untuk meningkatkan prestasi di semua sektor dengan tetap menjaga komunikasi dan koordinasi baik dengan komite maupun lembaga lain yang sekiranya dapat mendukung kemajuan madrasah,” paparnya. 

Suadi juga berharap dengan SBSN madrasah dapat bersaing dengan sekolah lain dalam meraih prestasi dan menuju pendidikan yang bermutu dan berkarakter serta menambah kesiapan madrasah menuju jenjang yang lebih tinggi.

Prestasi siswa MAN 2 Kulon Progo terus meningkat sejak 2019. Pada tingkat kabupaten misalnya, mereka menjadi juara pada ajang KSM, kejuaraan Matematika, Ekonomi, Fisika, dan Kimia, termasuk dalam bidang olahraga dan seni. 

Di tingkat provinsi, siswa MAN 2 Kulon Progo juga berprestasi pada ajang Bintang Radio RRI serta Lomba Robotik yang digelar Fakultas Teknik UGM. Saat itu, tim MAN 2 Kulon Progo mendapat predikat Best Desain Soccerbot. 

Untuk tingkat nasional, tim MAN 2 Kulon Progo masuk sembilan besar nasional dalam ajang MYRES 2019 dan finalis essai nasional dalam ajang Madrasah Student Leadership Award yang diselenggarakan Ditjen Pendidikan Kemenag. 

Tahun 2020, meski di tengah pandemi, siswa MAN 2 Kulon Progo tetap mengukir prestasi. Di tingkat Kabupaten, madrasah ini menjadi juara 1 lomba video reportase dalam ajang lomba Jelitaku ke-XV. Di tingkat nasional, MAN 2 Kulon Progo meraih juara I Lomba Ecodiction INDEX 2020 (Indonesian Ecology Expo) yang digelar Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Departemen Lingkungan Hidup. Prestasi lainnya adalah dua medali riset (emas dan perunggu) dalam ajang International Young Inventors Award (IYIA) 2020 memperoleh 1 medali emas dan 1 medali perunggu. (ast/eko)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: