kemenag

SBSN dan Prestasi Religi MAN 4 'Pesantren' Jombang

Jombang (ikhlasberamalnews) — Tahun 2019, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jombang mendapatkan bantuan pembangunan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). 

Bantuan diberikan untuk membangun Asrama Siswa dan Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu. Sejak itu, pembinaan prestasi MAN 4 Jombang semakin intensif, utamanya pada aspek religi dan pembentukan karakter. MAN 4 Jombang dikelola layaknya sebuah ‘pesantren’.

Kepala MAN 4 Jombang Syamsul Maarif mengatakan, keberadaan dua bangunan tersebut membuat suasana pembelajaran di MAN 4 Jombang menjadi lebih kondusif. Kegiatan pembelajaran yang terintegrasi selama 24 jam, khususnya pada jurusan Program Keagamaan (MAN PK), berjalan lebih maksimal.

“Para siswa memiliki banyak waktu untuk memperdalam ilmu agama, antara lain: Tahfidzul Quran, Ushul Fikih, Musthalah Hadis, Ilmu Tafsir,  Nahwu Sharraf, dan kajian lainnya yang terintegrasi dengan kitab kuning,” ujarnya di Jombang, Minggu (20/12).

Selain dimanfaatkan sebagai sarana memperdalam ilmu kegamaan, kata Syamsul, gedung Pusat Pembelajaran Terpadu sangat bermanfaat untuk mengembangkan kegiatan siswa. Kegiatan tersebut antara lain: diskusi keislaman, latihan pidato, pengembangkan potensi syi’ri, nasyid, language fair, karya tulis, drama dua bahasa, pementasan kreasi siswa, dan diklat keagamaan.

Kita bersyukur gedung asrama dan Pusat pembelajaran terpadu yang berasal dari dana SBSN ini mampu memberikan semangat yang sangat besar bagi seluruh siswa dan guru dalam peningkatan prestasi MAN 4 Jombang khusunya dari program kegamaan (PK) terang Syamsul Maarif kepala MAN 4 Jombang.

Banyak Prestasi yang diraih siswa MAN 4 Jombang, tingkat provinsi hingga nasional. Misalnya, menjadi  juara 1 Nasional Lomba Dai Muda NU online, Juara 3 Nasional Qiroatus Syi’ri, Juara 2 Nasional Lomba Muhadharah Santri Cinta Damai.

Siswa MAN 4 Jombang juga menjadi finalis Syiar Anak Negeri MetroTV, Juara 2 Melukis Kaos tingkat Nasional, Juara 3 Taqdimul Qishoh Tingkat Nasional, dan Juara 1 Olimpiade PAI se Jawa Bali. Di tingkat Provinsi, siswa MAN 4 Jombang meraih juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se wilayah kerja Surabaya, Juara 1 Khitobah Tingkat Provinsi, dan Juara 1 Mural tingkat Provinsi.

“Kami merasakan kenyamanan dengan gedung yang sekarang, sarananya berkualitas, ruangannya bagus, fasilitasnya lengkap dan sangat layak, saya yakin siswa akan menjadi lebih termotivasi untuk berprestasi,” imbuh Syamsul Maarif.

Menurut Syamsul, para alumnus MAN 4 Jombang juga banyak yang diterima di berbagai universitas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Alumni MAN 4 Jombang, antara lain diterima di UNAIR, Intitut Teknologi 10 November (ITS), Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Diponegoro. Banyak juga yang masuk Universitas Islam Negeri (UIN), misalnya: UIN Maliki Malang, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Ada juga yang diterima di Al Azhar Kairo,” tuturnya.

“Semoga dengan sarana yang memadai melalui SBSN, MAN 4 Jombang dapat generasi yang berkualitas serta berkarakter di masa mendatang, sehingga mampu mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: