kemenag

Ribuan Jemaah Hadiri Dzikir dan Tabligh Akbar di Kolaka

Kolaka (ikhlasberamalnews.com) — Ribuan masyarakat muslim Kolaka menghadiri kegiatan Dzikir Bersama dan Tabligh Akbar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama (Kemenag) sekaligus menyambut tahun 2018.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Kolaka dan Kementerian Agama tersebut, digelar Kamis (28/12) malam, di masjid Agung Khaera Ummah Kolaka. Dzikir bersama dipandu Ustadz Herman Dondeng, dan Tabligh Akbar disampaikan Ustadz H. Darmawansa Jafar.

Tampak hadir, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kolaka, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kolaka  Poitu Murtopo, Kepala Kantor Kemenag Kolaka, Abdul Aziz Baking bersama segenap jajarannya, sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kolaka bersama jajaran, pengurus dan anggota majelis ta’lim, serta masyarakat muslim setempat.

Kepala Kankemenag Kolaka Abdul Aziz Baking mengatakan, Dzikir dan Tabligh Akbar dilaksanakan sebagai wujud syukur atas eksistensi Kemenag yang memasuki usia ke-72 tahun. HAB Kemeneg diperingati setiap 3 Januari.

“Kegiatan ini juga sebagai momentum muhasabah atau evaluasi lepas sambut tahun 2017 menuju 2018,” ujarnya.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengimbau masyarakat agar bersama melakukan intropeksi untuk kemudian mewujudkan perbaikan, pembenahan dan peningkatan kualitas ke arah yang lebih baik. Sedang Ustadz H. Darmawansa Jafar, dalam tausiyahnya mengingatkan seluruh jemaah untuk melakukan muhasabah atau intropeksi terhadap segala sikap dan perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun sebelumnya.

“Sepatutnya kita melakukan muhasabah sebagai bentuk perenungan sekaligus mengenang seluruh perbuatan yang telah kita lakukan, baik terkait amal ibadah maupun kesalahan atau maksiat,” pesannya.

Dikatakannya, jika ibadah yang ditunaikan selama ini belum maksimal atau kualitasnya belum baik, maka sepatutnya diperbaiki bahkan ditingkatkan kualitasnya. “Sebaliknya, terhadap kesalahan atau dosa yang telah dilakukan patut disadari dan seharusnya kita bertaubat memohon ampunan Allah,” jelasnya.

Dzikir dan Tabligh Akbar ini mengusung tema “Kebaikan Mari Kita Lanjutkan Bersama, Kelemahan Mari Kita Benahi Bersama, Menuju Masyarakat Kolaka yang Religius, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera”. (sm)

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: