kemenag

Rakor Forum Pimpinan PTKIN Bahas Kampus Merdeka dan Kuliah saat Pandemi

Rakor Forum Pimpinan PTKIN Bahas Kampus Merdeka dan Kuliah saat Pandemi

  • Senin, 28 Desember 2020 09:06 WIB

Rapat Koordinasi Forum Pimpinan PTKIN Se-Indonesia.

Jayapura (ikhlasberamalnews) — Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se-Indonesia menggelar rapat koordinasi dengan agenda pembahasan mengenai isu-isu aktual di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam. IAIN Fattahul Muluk Papua menjadi tuan rumah kegiatan yang digelar di Jayapura, 27 – 30 Desember.

Rapat koordinasi dihadiri para Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN), serta Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Rakor dibuka oleh Ketua Forum Pimpinan PTKIN Babun Suharto, Minggu (27/12) malam. 

Babun mengungkapkan, rapat koordinasi diharapkan menghasilkan rekomendasi terkait peningkatan kualitas mutu pendidikan tinggi keagamaan Islam Negeri, utamanya dari sisi kebijakan pembelajaran.

“Di tengah pandemi Covid-19, perguruan tinggi juga dihadapkan dengan pelbagai tantangan. Karena itu, perguruan tinggi dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan kehidupan yang menuntut perubahan mendasar,” kata Babun yang juga Rektor IAIN Jember.

Babun juga menyinggung terkait kebijakan Kampus Merdeka yang memerlukan payung hukum. Karena itu, menurutnya, rapat koordinasi forum pimpinan PTKIN memiliki makna yang strategis guna menghasilkan pelbagai rekomendasi.

“Kami mendiskusikan beberapa hal berkaitan dengan akselerasi peningkatan mutu perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri menyongsong kebijakan Kampus Merdeka dengan pelbagai peluang dan tantangan di era new normal,” terang Babun.  

Rektor IAIN Fattahul Muluk Idrus Alhamid berharap rapat koordinasi forum pimpinan PTKIN yang diselenggarakan di Jayapura dapat menghasilkan point-point penting pengelolaan dan pengembangan akademik perguruan tinggi keagamaan Islam yang mampu diterapkan dengan pola dan konsep-konsep yang relevan dengan perubahan sosial yang terus berjalan dinamis.

Sehari sebelum pembukaan kegiatan, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menggelar bakti sosial di komplek warga muslimah Papua di Musholla Firdaus Asso, Angkasa, Jayapura.  Kehadiran Forum Pimpinan PTKIN di tanah Papua juga dimaksudkan untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat dengan memberikan bantuan, utamanya kepada masyarakat yang terdampak secara sosial penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).


Sumber : IAIN Jember

Penulis : Wildan Hefni

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: