kemenag

Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Hadir di Kota Tengerang dan Lebak

Tangerang (ikhlasberamalnews) — Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) kini hadir di Kota Tangerang dan Kab Lebak. Keberadaan dua gedung pusat layanan ini diresmikan Sekjen Kemenag Nizar di Kota Tangerang.

Hadir, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Muhajirin, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Kakanwil Kemenag Banten A Bazary, Ketua MUI Kota Tengerang, para Kepala Kankemenag Kab/Kota se-Banten.

“Sejak 2019, kita sudah mendesain pembangunan PLHUT. Ini penting untuk memudahkan publik karena pelayanaan jemaah terpadu, sejak dari pendaftaran,” terang Nizar di Tangerang, Senin (21/12).

“Dengan PLHUT, layanan pendaftaran haji cukup di sini. BPS Bipih akan ada di sini, termasuk biometrik. Jadi di PLHUT sudah one stop service. Daftar di sini, jemaah sudah dapat nomor porsi,” sambungnya.

Menurut Nizar, pembangunan PLHUT sejak 2019. Tahun pertama, PLHUT dibangun pada 42 titik di seluruh  Indonesia. Tahun 2020, ada 46 titik.

“Pembangunan PLHUT akan terus berlanjut. Hanya, problem utamanya adalah tanah. Sebab harus tanah milik Kementerian Agama. Beberapa Kankemenag ada yang berkreasi dengan menjadikan rumah dinas Kepala  Kankemenag untuk dibangun gedung PLHUT,” tuturnya. 

“PLHUT juga bisa digunakan untuk pendaftaran umrah. PPIU bisa sewa ruangan di sini. Lantai dua bisa digunakan untuk manasik haji,” sambungnya.

Kepada pengelola PLHUT, Nizar mengingatkan bahwa standar layanan publik harus dipenuhi. Nizar mencontohkan, ruang laktasi dan fasilitas ramah difable juga harus disiapkan.

Kepala Kanwil Kemenag Banten A Bazari mengatakan, PLHUT merupakan upaya Kemenag memenuhi kerinduan masyarakat Banten terhadap gedung yang representatif dalam penyelenggaraan haji. “Kini penyelenggaraan haji di Kota Tangerang dan Kabupaten Lebak bisa dilayani di gedung yang representatif. Setelah ini di Pandeglang,” terang Bazari.

“Masih ada lima Kab/Kota di Banten yang belum memiliki PLHUT. Kita setiap tahun memberangkatan sekitar 9.420 jemaah haji/tahun,” lanjutnya.

Kepala Kemenag Kota Tangerang Badri Hasun melaporkan, gedung PLHUT dibangun berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah tahun 2019 dengan skema pembiayaan SBSN. Kehadiran PLHUT ini bertujuan  memberikan layanan satu atap terkait haji reguler, haji khusus, dan ibadah umrah. Layanan yang tersedia antara lain pendaftaran dan pembatalan haji, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), dan bimbingan manasik.

“Gadung ini dibangun dua lantai, dengan anggaran Rp3,035M. Dibangun selama empat bulan,” jelasnya.

“Lantai bawah untuk ruang layanan pendaftaran, ruang staf, biometrik, dan siskohat. Lantai dua untuk aula. Bisa digunakan untuk manasik haji dan umrah,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: