kemenag

PPIH Upayakan Tekan Angka Jemaah Sakit dan Wafat melalui Sosialisasi Kesehatan


Madinah (ikhlasberamalnews) — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) senantiasa berupaya dalam menekan angka jemaah sakit dan wafat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PPIH adalah sosialisasi kesehatan di semua sektor di Madinah yang ditujukan bagi perwakilan petugas sektor, petugas kloter (TPHI, TPIHI dan TKHI) serta ketua rombongan jemaah.

“Ini upaya kami selaku petugas haji, baik TPIH, TPIHI maupun TKHI melakukan upaya mengawal jemaah haji agar tidak terjadi gangguan kesehatan,” tutur Kepala Seksi Kesehatan PPIH Daker Madinah, dr. Edi Supriatna, Senin (26/08).

Menurut Edi, pihaknya terus-menerus mengingatkan jemaah haji agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang berlebihan untuk menekan angka kesakitan.

Ia menambahkan bahwa saat ini, jemaah haji gelombang II telah melewati fase puncak ibadah haji di Armuzna dan Makkah, di Madinah mereka melaksanakan salat Arbain kemudian menunggu masa kepulangan.

“Oleh karena itu, agar kepulangannya berjalan dengan baik dan selamat, maka kita harus tekan angka kesakitan dan kematian (jemaah) agar bisa pulang dengan selamat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa PPIH senantiasa mengawal jemaah dengan risiko tinggi (risti) agar dapat meminimalisir gangguan kesehatan pada jemaah risti.

“Upaya kita adalah terus memberikan edukasi kepada jemaah risti, dikawal terus bahwa kepulangannya sudah semakin dekat dan kondisi kesehatannya harus terus dijaga, salah satunya dengan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar senantiasa terlindung dari gangguan kesehatan,” imbuhnya.

Edi menjelaskan bahwa gangguan kesehatan dapat terjadi karena empat faktor, yakni faktor air, suhu, kelelahan dan adaptasi terhadap cuaca di Arab Saudi.

Selain itu, Edi mengungkapkan bahwa kerapkali jemaah tidak menyadari faktor risiko yang ada di dalam dirinya, seperti penyakit bawaan dan kelelahan yang bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan.

“Inilah yang perlu kita edukasi kepada jemaah,” pungkasnya.

Selain Kasi Kesehatan PPIH Daker Madinah, tampak hadir dalam sosialisasi ini Kepala Bidang Bina Petugas PPIH Affan Rangkuti, Direktur KKHI Madinah dr Amsyar Akil dan Kepala Sektor 1 Madinah Husein Anwar.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: