Haji dan Umrah kemenag

Pos Pelayanan Haji di Makkah Sudah Siap

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Pos pelayanan haji Daerah Kerja Makkah sudah siap. Hal ini dikemukakan Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Subhan Cholid,di Makkah. Subhan yang telah bertolak ke Makkah bersama tim advance sejak 1 Juli 2019 lalu menyampaikan pihaknya telah melakukan pembagian pos petugas serta pengecekan awal fasilitas haji di Makkah.

“Sejak tim advance tiba di Saudi selain koordinasi internal dan external, kita melakukan konfigurasi penempatan petugas baik di daker maupun sektor. Kami juga melakukan pengecekan hotel jemaah, kesiapan transportasi, dan sebagainya,” tutur Subhan, Minggu (07/07).

Ia menuturkan, pada musim haji 1440H/2019M jumlah petugas PPIH yang akan bertugas di Makkah berjumlah 1.203 orang. “Mereka akan dibagi pada Kantor Daker, 11 sektor, satu sektor khusus Haram, KKHI, empat terminal serta sembilan layanan rute bus shalawat,” terang Subhan.

Ia menambahkan petugas haji Daker Makkah akan diberangkatkan dari Indonesia dalam dua gelombang pada 9 dan 10 Juli mendatang. “Setibanya di Makkah mereka akan langsung menempati posnya masing-masing dan segera mempersiapkan pelayanan bagi jemaah haji,” tuturnya.

Berdasarkan data Siskohat, hingga Minggu siang pukul 12:00 Waktu Arab Saudi, tercatat sebanyak 2.036 jemaah haji Indonesia disertai petugas kloter telah mendarat di Bandara AMMA Madinah. “Jemaah direncanakan mulai memasuki Kota Makkah pada 14 Juli, dan akan ditempatkan berdasarkan pembagian zonasi,”  jelas Subhan.

Menurutnya, tahun ini pemerintah telah menyediakan 173 hotel yang berada pada tujuh zonasi dan terbagi dalam 11 sektor. “Di Makkah, jemaah juga akan mendapat layanan Bus Shalawat yang terdiri dari sembilan rute yang dioperasikan oleh dua perusahaan,” ujar Subhan.

Subhan mengaku layanan-layanan tersebut telah siap untuk beroperasi. Termasuk layanan katering yang akan dikelola 36 perusahaan maupun layanan angkutan antarkota. “InsyaAllah semua siap beroperasi untuk melayani jemaah haji Indonesia,” kata Subhan.

Subhan pun mengimbau agar petugas dan jemaah menyiapkan diri untuk menghadapi cuaca panas di Kota Makkah. “Suhu di Kota Makkah hari ini berkisar 35-47 derajat celcius,” tutupnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: