Haji dan Umrah kemenag

Perjelas Status Komisioner KPHI, Kemenag akan Konsultasi ke Setneg

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan pihaknya akan melakukan konsultasi ke Sekretaris Negara terkait kepastian status para komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI). Pernyataan ini disampaikan Menag menanggapi pertanyaan dari Ketua KPHI Samidin Nashir saat datang untuk beraudiensi, di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta.

“Kita tidak lagi berdebat apakah KPHI secara kelembagaan bubar atau tidak, itu sudah selesai secara eksplisit. Yang masih muncul keberagaman ini, komisioner berhenti berdasarkan apa? Semestinya ada Keppres yang mengaturnya dan siapa yang berwenang mengeluarkan Keppres ini. Kami akan melakukan konsultasi dengan Setneg,” kata Menag, Kamis (04/07).

Sebelumnya, Samidin Nashir menyampaikan kegelisahannya kepada Menag paska disahkannya UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Berdasarkan undang-undang tersebut, KPHI tidak dilibatkan kembali dalam pengawasan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, dan dinyatakan bubar. “Lalu para komisionernya bagaimana?” tutur Samidin.

Untuk menengahi hal tersebut, Menag pun meminta jajarannya untuk melakukan telaah hukum serta berkonsultasi dengan pihak Sekretariat Negara terkait hal tersebut. “Karena pada hakikatnya, segala keputusan Kemenag adalah berdasarkan pandangan hukum yang berlaku,” ujar Menag.

Turut hadir, Staf Ahli Menag Bidang Hukum Janedjri M. Gaffar, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramadan Harisman, Kepala Biro Keuangan Ali Irfan dan Biro Hukum Kemenag Imam Syaukani. (nisa)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: