Hindu kemenag

Pemprov Apresiasi Jampanas ke V di Bali

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Pemerintah Provinsi Bali, mengapresiasi pelaksanaan Jambore Pasraman Nasional (Jampanas) ke V di Denpasar. Apresiasi ini disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster saat memberikan sambutan yang dibacakan oleh Asisten III I Wayan Sudjana.

“Terimakasih atas dilaksanakannya Pasraman di Bali. Selamat datang di Pulau Dewata kepada semua peserta, mudah-mudahan keindahan alam, kekayaan budaya dapat mendatangkan vibrasi keragaman bagi kita dalam membangun bangsa,” kata I Wayan Sudjana pada pembukaan Jampanas ke V di Denpasar, Rabu (03/07) malam.

Pemprov Bali juga mengapresiasi tema Pasraman 2019, yakni “Sebagai Wahana Meningkatkan Kepekaan dan solidaritas untuk Kesadaran Generasi Muda Hindu dalam Tanggung Jawab Membangun Masa Depan Bangsa.”


Dijelaskan Gubernur Bali, pendidikan Agama Hindu memiliki kekhasan yang berbeda-beda sesuai tempat tertentu. Dia berharap, melalui Jampanas ke V, segala ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan sesuai tempat masing-masing.

“Dengan sejumlah kegiatan yang dilombakan. Penyelenggaraan Jampanas yang sudah kelima ini, saya berharap kegiatan ini sebagai pondasi yang kokoh untuk meningkatkan etika, estetika generasi umat Hindu yang lebih dinamis dan eksploratif dalam mengembangan keilmuannya,” kata I Wayan Koster.

Gubernur juga berpesan agar generasi muda Hindu terus memupuk jiwa patirotisme, nasionalisme untuk membangun bangsa. “Kesadaran ini harus terus dijaga dan dikembangkan sebagai tunas bangsa,” tutup I Wayan Koster.


Sebelumnya, Ketua Panitia Jampanas V, I Wayan Budha menyampaikan bahwa Jampanas mempertemukan peserta dengan beragam suku dan budaya. “Selaku panitia kami melaporkan bahwa peserta Jampanas berasal dari perwakilan seluruh Indonesia. Jampanas ini dibiaya melalui DIPA Bimas Hindu dan Kanwil Kemenag Bali,” kata I Wayan Budha.


Pasraman kali ini akan melaksanakan beberapa kegiatan dan lomba, di antaranya Lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Outbound, Lomba Dharmawidya (Cerdas Cermat). Bahkan ada juga kegiatan Pendalaman/Pembinaan dalam bentuk Sarasehan serta tirtayatra ke Pura Besakih.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: