kemenag KUA

Menag Resmikan 28 Balai Nikah dan Manasik Haji di Sulsel

Makassar (ikhlasberamalnews.com) — Kementerian Agama terus meningkatkan pelayanan publik lewat Kantor Urusan Agama (KUA). Selang sehari usai meresmikan 32 Balai Nikah dan Manasik Haji di Provinsi Jawa Tengah, Kamis pagi (25/01) Menag Lukman Hakim Saifuddin kembali meresmikan 28 Balai Nikah dan Manasik Haji yang tersebar di sejumlah kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan.

Peresmian tersebut berlangsung di aula Kanwil Kementerian Agama, Sulsel di Makasar. Tahun 2016 lalu, Menag juga meresmikan 29 gedung balai nikah di Sulawesi Selatan yang dibangun melalui biaya SBSN.

Turut menyaksikan peresmian, tokoh agama Sulsel KH Sanusi Baco, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Ketua MUI Sulsel, tokoh masyarakat, alim ulama dan ratusan ASN Kanwil Kemenag Sulsel.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin,  mengatakan peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji ini patut disyukuri. Ini cara Kementerian Agama untuk memberdayakan KUA secara efektif yang banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Menag, KUA tidak hanya menjadi balai nikah melainkan juga akan difungsikan lebih baik lagi misalnya sebagai tempat bagi pasangan muda untuk mendapat wawasan yang cukup yang kita kenal dengan bimbingan perkawaninan. “Artinya setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan harus mengerti hakikat perkawinan itu. Kita sangat khawatir, angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Menag.

“Setiap tahun lebih dari dua juta pasangan yang melangsungkan perkawinan. Di sinilah peran KUA sangat penting dalam menjalankan program pendidikan pra nikah dan bimbingan perkawinan. Semua ini tidak mungkin bisa dijalankan sendiri oleh KUA, tentunya harus melibatkan segenap stakholder dan ormas keagamaan,” sambung Menag.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Abd. Wahid Thahir melaporkan bahwa ada 306 kecamatan di Provinsi Sulsel. Dari jumlah itu, terdapat 281 KUA yang sudah memiliki KMA (Keputusan Menteri Agama).

Sebanyak 195 KUA sudah bersertifikat milik Kemenag, sisanya masih status pinjaman Pemda, wakaf, dan milik Nazir Wakaf. Bahkan, masih ada 14 KUA yang belum memiliki gedung serta 11 lokasi yang belum punya Lahan.

Berikut ini daftar Balai Nikah dan Manasik Haji yang diresmikan Menag:
1. Kab. Bone: KUA Kec. Ponre, Kec. Cina, Kec. Kahu, Kec. Barebbo dan Kec. Tellusiattingnge.
2. Kab. Bulukumba: KUA Kec. Rilau Ale dan Kec. Ujung Bulu.
3. Kab. Jeneponto: KUA Kec. Tamalatea dan Kec. Bangkala Barat
4. Kab. Luwu: KUA Kec. Lamasi Timur, Kec. Walenrang Timur dan Kec. Suli
5. Kab. Luwu Timur: KUA Kec. Nuha

6. Kab. Luwu Utara: KUA Kec. Tana Lili dan Kec. Limbong
7. Kab. Maros: KUA kec. Cenrana Kota Maros dan Kec. Tanralili
8. Kota Palopo: KUA Kec. Wara
9. Kab. Pangkep: KUA Kec. Bungoro
10. Kota Parepare: KUA Kec. Bacukiki

11. Kab. Sidrap: KUA Kec. Tellulimpoe dan Kec. Panca Lautang
12. Kab. Soppeng: KUA Kec. Marioriwawo
13. Kab. Takalar: KUA Kec. Galesong dan Kec. Pulombangkeng Selatan
14. Kab. Pinrang: KUA Kec. Batulappa dan Watang Sawitto, serta
15. Kab. Gowa: KUA Kec. Bontomarannu.

Peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji juga dirangkai dengan pembinaan Aparatur Sipil Negara Lingkup Kanwil Kemenag Sulsel oleh Menag dan Peresmian MAN IC Goa secara simbolis.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment


smallseotools.com

%d bloggers like this: