kemenag

Menag Minta PTSP Jadi Sarana Clearing Informasi

Bengkulu (Kemenag)–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag di Indonesia untuk tidak sekadar memberi pelayanan perizinan, melainkan juga menjadi Clearing Informasi.

Hal itu disampaikan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat meresmikan beroperasinya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Bengkulu, Jumat (28/09) petang.

“Apa pun motif yang ada di balik penyimpangan informasi itu kita harus betul memiliki wawasan yang cukup. Karena itu PTSP harus menjadi clearing informasi dan tidak sekadar pelayanan perizinan. Jadikan PTSP sebagai tempat konfirmasi dan validasi informasi terkait hal ihwal keagamaan,” kata Menag Lukman Hakim

Menurut Menag yang baru pulang dari Saudi Arabia dalam rangka evaluasi haji 2018, belakangan berseliweran informasi di ranah sosial media, khususnya terkait hal ihwal kegamaan.

Misalnya, terkait aturan pengeras suara di masjid, mushola dan langgar. Begitu juga dengan informasi yang menyalahkan pemerintah dalam hal ini Kemenag terkait ketersedian tenda di Mina. Penyimpangan informasi tersebut dengan mudah sampai ke masyarakat tanpa ada konfirmasi kepada pihak-pihak terkait yang memiliki otoritas dalam informasi tersebut.

“Penyimpangan informasi dan miskomunikasi ini penyebabnya sangat beragam, bisa karena ketidaktahuan, salah memahami kabar, hingga ada yang sengaja dan memiliki niat dengan motif tertentu,” kata Menag.

“Gunakan hati dan landasi dengan cinta kepada umat bergama. Kita harus melatih diri senantiasa mengunakan hati dan mencitai apa yang dilakukan dalam melayani umat bergama. Jadi, SDM dan wawasan dalam mengelola PTSP itu harus selalu ditingkatkan. Sebab, kita menjadi tempat konfirmasi bagi masyarkat yang membutuhkan informasi terkait hal ihwal kegamaan,” sambung Menag.

Pantauan Humas, Menag tiba di Kantor Kanwil Kemenag Bengkulu sekitar pukul 16.07 WIB dan langsung disambut dengan tari persembahan tradisional dari pelajar MAN 2 Bengkulu. Peresmian PTSP Kanwil Kemenag Bengkulu ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan penguntingan pita di pintu PTSP.

Berita Terkait:Sore ini Dijadwalkan Tiba di Bengkulu, Menag akan Resmikan PTSP & Tutup KSM Nasional

PTSP Kanwil Kemenag Bengkulu merupakan PTSP ke 13 yang resmi beroperasi hingga September 2018. Peresmian PTSP ini dihadiri segenap keluarga besar ASN Kemenag Bengkulu, tokoh agama, Rektor IAIN Bengkulu, IAIN Curup, tokoh masyarakat, perwakilan SKPD Pemprov dan Pemkot Bengkulu.

Tampak turut hadir Dirjen Pendis Kamarudin Amin, Kepala Biro Humas, Data,  dan Informasi Mastuki, Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda, Kakanwil Kemenag Bengkulu Bustasar, Direktur KSKK dan sejumlah Kakanwil Kemenag.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: