Hindu kemenag

Menag Minta Pasraman Ajarkan Esensi Agama kepada Generasi Muda Hindu

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Jambore Pasraman Nasional (Jampanas) ke V di Denpasar, Bali. Jampanas merupakan ajang lomba siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA agama Hindu utusan provinsi se Indonesia. 

Ajang yang berlangsung 3 – 7 Juli ini diikuti ribuan siswa yang akan memperebutkan piala bergilir Ditjen Bimas Hindu. Menag berpesan agar Pasraman menjadi ruang pendidikan esensi agama.

“Saya berharap Pasraman ini, selain mengajarkan anak-anak tentang ajaran agama, yang tidak kalah penting adalah pokok ajaran dan esensi agama. Saya mengajak kita semua masuk pada sisi dalam agama, esensi agama, agar kita tidak sampai mengkotak-kotakkan antar sesama,” kata Menag di Denpasar, Rabu (03/07) malam.

Menurut Menag, esensi agama antara lain mengajarkan toleransi di tengah keragaman. Tugas warga bangsa bukan menyeragamkan realitas yang beragam, karena itu kehendak Tuhan. Tuhan menghendaki keragaman.

“Karena kita terbatas, agar yang beragam ini saling mengisi, saling menyempurnakan satu sama lainnya. Maka setiap agama mengajarkan hal yang sama, bahwa toleransi adalah mau dan mampu untuk memahami perbedaan yang ada,” tegas Menag.

Menag mengingatkan seluruh warga bangsa untuk tidak berfikir bahwa menghormati agama lain akan menggerus keimanan. Justru, esensi keimanan adalah kesediaan, kemauan dan kemampuan untuk mengahargai pihak lain. “Itu bentuk wujud keimanan,” tutur Menag.

Tampak hadir dalam dalam acara pembukaan Jampanas ke V ini Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya, Ketum PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (WBT), Ketua Umum FKUB, Kakanwil Se Indonesia, dan para ketua dan lembaga Hindu.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: