kemenag

Menag Minta Ditjen Pendis Lakukan Langkah Optimalisasi Serapan Anggaran

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Memasuki triwulan ketiga tahun anggaran 2019, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) melakukan serangkaian langkah untuk mengoptimalisasi serapan anggaran. Apalagi menurut Menag, Ditjen Pendis memiliki jumah anggaran terbesar jika dibandingkan sepuluh unit eselon I lainnya. 

Hal ini dikemukakan Menag saat memimpin rapat realisasi anggaran bersama jajaran Ditjen Pendis, di Jakarta.  “Saya minta setiap Direktur harus mampu melakukan optimalisasi program. Harus paham betul dengan alokasi anggaran, pagu yang tersedia, kemudian bagaimana realisasinya sampai sekarang,” pesan Menag, Kamis (29/08). 

Untuk melakukan optimalisasi serapan anggaran dan program, Menag juga meminta jajaran Ditjen Pendis untuk melakukan langkah-langkah. Pertama, melakukan sinkronisasi data, utamanya yang ada pada direktorat dengan bagian keuangan. “Jangan sampai ada data yang berbeda, apalagi yang terkait dengan keuangan. Karena pertangggungjawaban itu, selisih satu rupiah saja menjadi persoalan,” tegasnya. 

Untuk itu Menag pun meminta tiap Direktur di lingkungan Ditjen Pendis memantau langsung sinkronisasi data yang dilakukan. “Turun ke bawah ke Kasubbid dan semuanya harus raji mencocokkan data dengan keuangan,” tandas Menag. 

Kedua, Menag meminta tiap Direktur melakukan monitoring terhadap pelaksanaan program prioritas yang dimiliki. “Lakukan monitoring untuk melihat peta progres program,” pinta Menag. 

Dengan melakukan monitoring, menurut Menag, para Direktur akan mampu melakukan langkah ketiga yaitu pemetaan. “Dengan pemetaan progres, baru akan bisa menentukan sikap. Misalnya, mana yang harus diintervernsi. Misalnya, dari pagu sekian, realisasinya baru sekian, apa fakto penyebabnya, dan sebagainnya,” ujar Menag. 

Menag berharap dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Ditjen Pendis tidak mengulang pengalaman tahun sebelumnya di mana program dan anggaran masih tidak terserap dengan optimal. “Oleh karenanya dari pemetaan tadi, monitoring tadi, saya minta. Karena tujuannya adalah kita ingin memprediksi sampai akhir tahun ini mana yang belum terserap  dan mana yang betul-betul tidak bisa terserap” tegas Menag. 

Hadir dalam rapat Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan, Direktur Jenderal Pendis Kamarudin Amin, para Direktur di lingkungan Ditjen Pendis, Kepala Biro Perencanaan Ali Rokhmad, dan Kepala Biro Keuangan Ali Irfan.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: