kemenag

Menag Minta Dit GTK Intensifkan Penguatan Kompetensi Guru

Jakarta (Kemenag) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk mengintensifkan program penguatan dan peningkatan kompetensi guru atau pendidik.

Pesan ini disampaikan Menag kepada Direktur GTK Suyitno saat menerima Pengurus Pusat Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) di kantor Kementerian Agama. Menurut Menag, guru-guru Raudlatul Athfal (RA) harus terus meningkatkan kompetensinya karena tantangan dan perkembangan lingkungan yang sangat dinamis.

“Karena dinamikanya kan tinggi sekali, perkembangan tidak hanya yang terkait dengan pendidikan anak, tetapi lingkungan strategis kita mengalami perkembangan yang luar biasa seperti sosial media. Jangan dikira, anak-anak RA sudah mahir betul menggunakan HP. Artinya akses informasinya sangat berbeda dengan anak-anak seusia mereka pada  5 atau 10 tahun yang lalu,” ujar Menag, Kamis (11/01).

Menag menilai, pendidikan pra dasar sebagai pendidikan anak pada usia emas (golden age). Karenanya, guru pada sekolah-sekolah pra dasar di beberapa negara Skandinavia adalah para doktor yang ahli di bidang pendidikan. Mendidik anak-anak jauh lebih sulit dibandingkan mendidik remaja atau orang dewasa, karena guru dituntut memiliki pemahaman tentang psikologi anak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat IGRA Siti Rohani menyampaikan harapannya agar RA dapat ‘dinegerikan’. Terkait hal ini, Menag meminta agar dikaji manfaat dan mudharat yang dapat muncul sebagai implikasi dari penegerian RA. Menag menyarankan untuk mengundang para ahli untuk mengkaji secara mendalam mengenai penegerian RA.

“Jangan alih-alih kita ingin mendapat manfaat tapi lupa dengan mudharatnya. Tolong dikaji jangan sampai penegerian RA malah memunculkan banyak problem,” ujar Menag.

Kepada Menag, Siti Rohani juga melaporkan bahwa IGRA akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke IV yang akan dihelat pada Oktober 2018 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Munas yang ditujukan untuk pemilihan pengurus baru IGRA ini diharapkan dapat dibuka oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Sumber : –

Penulis : Didah

Editor : khoiron

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

%d bloggers like this: