kemenag

Menag Minta ASN Kemenag Perluas Wawasan Keagamaan

Bengkulu (Kemenag) — Menteri Agama meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama  untuk memperluas wawasan keagamaan. Tujuannya, agar ASN Kemenag mampu memberikan klarifikasi, penjelasan, dan jawaban terkait persoalan-persoalan keagamaan yang muncul di masyarakat.

Hal ini disampaikan Menag Lukman saat memberikan sambutan pada peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Jumat (28/09).

Saat ini menurut Menag, seringkali terjadi penyimpangan informasi keagamaan di masyarakat. Hal ini bisa disebabkan ketidakmengertian masyarakat, atau ada pihak-pihak yang menyengaja melakukan penyimpangan informasi. “Maka saya harapkan, saudara-saudara sebagai ASN Kemenag, memiliki wawasan yang cukup untuk dapat menjawab maupun mengklarifikasi persoalan-persoalan keagamaan yang ada di masyarakat,” kata Menag.

Lebih lanjut, Menag meminta ketersediaan PTSP di Kanwil Provinsi, bukan hanya menjadi wadah pelayanan masyarakat saja. Tapi juga menjadi untuk mendapatkan data, penjelasan, sekaligus mengklarifikasi masalah  terkait kehidupan keagaamaan.

“Apa pun motif yang ada di balik penyimpangan informasi itu kita harus betul memiliki wawasan yang cukup. Karena itu PTSP harus menjadi clearing informasi dan tidak sekadar pelayanan perizinan. Jadikan PTSP sebagai tempat konfirmasi dan validasi informasi terkait hal ihwal keagamaan,” kata Menag. 

Berita terkait : Menag Minta PTSP Jadi Sarana Clearing Informasi

Peresmian PTSP ini dihadiri segenap keluarga besar ASN Kemenag Bengkulu, tokoh agama, Rektor IAIN Bengkulu, IAIN Curup, tokoh masyarakat, perwakilan SKPD Pemprov dan Pemkot Bengkulu.

Tampak turut hadir Dirjen Pendis Kamarudin Amin, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda, Kakanwil Kemenag Bengkulu Bustasar, Direktur KSKK dan sejumlah Kakanwil Kemenag.

PTSP Provinsi Bengkulu ada PTSP ke-13 yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi. Menurut Menag, bulan Oktober mendatang akan ada delapan PTSP lagi yang akan diresmikan. Artinya, hingga bulan Oktober 2018, diperkirakan telah tersedia 21 PTSP tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Sementara pada Juli 2018 lalu, Menag sendiri menargetkan pada akhir 2018 telah tersedia layanan PTSP pada seluruh Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: