kemenag

Menag Dukung Peningkatan Status IHDN Denpasar Menjadi Universitas Hindu Negeri

Jakarta (Kemenag)—Menteri Agama Lukman Hakim mendukung transformasi Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menjadi Universitas Hindu negeri pertama di Indonesia yang akan diberi nama Universitas Hindu Negeri IGB Sugriwa Bali (UHNISBA).

Tidak hanya transformasi IHDN menjadi universitas Hindu negeri, Menag juga menyatakan dukungannya terkait peningkatan status Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Singaraja Bali dan Gde Pudja Mataram menjadi institut.

Hal ini ditegaskan Menag saat menerima kunjungan Rektor IHDN Denpasar I Gusti Ngurah Sudiana, Ketua STAHN Singaraja I Made Suweta, Ketua STHAN Gde Pudja Mataram I Nyoman Wijana beserta civitas akademika di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Selasa (03/10).

Pertemuan civitas akedemika IHDN Denpasar, STHAN Gde Pudja Mataram dan STAHN Singaraja bersama Menag tersebut adalah untuk membahas recana peningkatan status perguruan tinggi kegamaan Hindu.  

“Tanpa dimohon kita di Kemenag mendukung penuh peningkatan status ini, karena memang merupakan salah satu komitmen kita. Karena ke depan tantangannya tidak sederhana di mana persoalan agama akan menjadi persoalan yang semakin diperlukan dan memiliki tingkat urgensi tinggi. Ini kaitannya dengan kebutuhan terhadap nilai-nilai agama, sementara di lapangan guru-guru agama semakin dibutuhkan,” ujar Menag menjawab permohonan peningkatan status dari perguruan tinggi kegamaan Hindu yang ada di Bali dan Mataram.

Pertemuan bersama Menag turut dihadiri guru besar filsafat IHDN Denpasar Relin D.E, Ketua Senat IHDN Denpasar I Wayan Suarjaya, Dirjen Bimas Hindu Ketut Widnya, Kepala Biro Ortala Afrizal dan Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda.

Dalam pertemuan tersebut Menag pun memberikan apresiasi kepada civitas akademisi perguruan tinggi kegamaan Hindu yang memiliki semangat luar biasa untuk meningkatkan status. Perguruan tinggi keagamaan tambah Menag merupakan wadah mobiltas vertikal anak didik untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

“Keinginan itu tidak hanya dari perguruan tinggi keagamaan Hindu melainkan mendapat dukungan dari banyak pihak mulai dari gubernur, bupati, DPRD hingga masarakat Bali. Ini sunguh sesuatu yang sangat membangakan kita semua. Salah satu program utama kita dalam lima tahun pemeritahan ini adalah bagaimana memberdayakan perguruan tinggi kegamaan tidak terkecuali agama Hindu,” kata Menag usai menerima proposal peningkatan status IHDN Denpasar, STHAN Gde Pudja Mataram dan STAHN Singaraja.

“Jadi kami tidak hanya sekadar mendukung bahkan akan memfasilitasi bahkan memberikan asistensi terhadap upaya ini. Dan kami di Kemenag tidak boleh main-main untuk bagimana peningkatan status ini. Karena kalau kita tidak serius ini yang mendapatkan getahnya kami di Kemenag melainkan umat, karena ini berbicara agama,” sambung Menag.

Menurut Menag, terkait usulan peningkatan status perguruan tinggi kegamaan Hindu ini, Kemenag melalui Biro Ortala akan melakukan telaah agar seluruh persyaratan betul-betul dapat dipenuhi sebelum direkomendasikan kepada kementerian/lembaga seperti Kemenpan dan Kemendikti.

Sementara itu Rektor IHDN Denpasar I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan, geliat perkembangan IHDN dari waktu ke waktu terus membaik. Malah animo masyarakat untuk kuliah di IHDN Denpasar sangat tinggi sehingga pada tahun 2018 pihaknya dengan terpaksa menolak sekitar 500 mahasiswa baru lantaran kuota mahasiswa sudah penuh.

“Selain sudah memiliki lahan seluas 12 hektare, peningkatan status IHDN menjadi Universitas Hindu Negeri pertama di Indonesia ini juga mendapat dukungan dari Gubernur Bali, Bupati Karang Asem, Bupati Bangli dan kepala daerah lainnya. Sekali lagi terima kasih atas dukungan Pak Menteri dalam peningkatan status IHDN Denpasar menjadi universitas,” tandas Sudiana.

 

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: