kemenag KUA

Menag Akan Resmikan 28 Balai Nikah dan Manasik Haji di Sulsel

Makassar (ikhlasberamalnews.com) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan kembali meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji. Kali ini, peresmian akan digelar di Makassar, Sulsel, pada Kamis, 25 Januari 2018.

Rencana peresmian balai nikah oleh Menag Lukman ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Abd. Wahid Thahir saat memimpin Rapat Persiapan. Hadir dalam rapat ini, pejabat Eselon III dan IV serta Pengurus Dharma Wanita Persatuan di Lingkup Kanwil  Kemenag Sulsel.

“Ada 28 gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Lingkup Kemenag Sulsel  yang akan diresmikan Menag,” terang Wahid, Selasa (23/01). Kepada jajarannya, Wahid minta agar seluruh persiapan bisa diselesaikan Rabu besok.

Menurut Wahid, kunjungan nanti merupakan kali kedua Menteri Agama ke Sulsel untuk meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji. Pada tahun 2016, Menag telah meresmikan 29 gedung balai nikah.

Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Sulsel Iskandar Fellang mengatakan, ada 306 kecamatan di Provinsi Sulsel. Dari jumlah itu, terdapat 281 KUA yang sudah memiliki KMA (Keputusan Menteri Agama). Sebanyak 195 KUA sudah bersertifikat milik Kemenag, sisanya masih status Pinjaman Pemda,  wakaf, dan milik Nazir Wakaf. Bahkan masih ada 14 KUA yang belum memiliki Gedung serta 11 lokasi yang belum punya Lahan.

Sejak tahun anggaran 2016 sampai 2017, sudah ada 57 gedung baru KUA yang telah terbangun melalui biaya SBSN. “Rencananya di tahun 2018 ini akan dibangun kembali sebanyak 12 lokasi KUA tersebar di 10 Kabupaten/Kota,” beber Kabid Urais dan Binsyar Kanwil ini.

Berikut ini daftar Balai Nikah dan Manasik Haji yang akan diresmikan Menag:
1. Kab. Bone: KUA Kec. Ponre, Kec. Cina, Kec. Kahu, Kec. Barebbo dan Kec. Tellusiattingnge.
2. Kab. Bulukumba: KUA Kec. Rilau Ale dan Kec. Ujung Bulu.
3. Kab. Jeneponto: KUA Kec. Tamalatea dan Kec. Bangkala Barat
4. Kab. Luwu: KUA Kec. Lamasi Timur, Kec. Walenrang Timur dan Kec. Suli.
5. Kab. Luwu Timur: KUA Kec. Nuha.

6. Kab. Luwu Utara: KUA Kec. Tana Lili dan Kec. Limbong.
7. Kab. Maros: KUA kec. Cenrana Kota Maros dan Kec. Tanralili.
8. Kota Palopo: KUA Kec. Wara.
9. Kab. Pangkep: KUA Kec. Bungoro
10. Kota Parepare: KUA Kec. Bacukiki

11. Kab. Sidrap: KUA Kec. Tellulimpoe dan Kec. Panca Lautang.
12. Kab. Soppeng: KUA Kec. Marioriwawo
13. Kab. Takalar: KUA Kec. Galesong dan Kec. Pulombangkeng Selatan.
14. Kab. Pinrang: KUA Kec. Batulappa dan Watang Sawitto, serta,
15. Kab. Gowa: KUA Kec. Bontomarannu.

Selain meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji, Menag dijadwalkan akan menghadiri penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Bapak Drs. H.M Jusuf Kalla di UIN Alauddin Makassar. Menag juga akan memberikan sambutan pada Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia (PGI) di Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC)  Kota Palopo. (Wrd)

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

%d bloggers like this: