kemenag

Menag Ajak Kedepankan Rahmah dalam Melihat Keragaman

Menag Ajak Kedepankan Rahmah dalam Melihat Keragaman

  • Jum’at, 09 November 2018 16:49 WIB

Jakarta (Kemenag) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak bangsa Indonesia, khususnya umat muslim untuk mengedepankan rahmah  dalam melihat keragaman.  Ajakan ini  disampaikan Menag kepada peserta Dialog Kebangsaan yang digelar Kemenko Polhukam, di Jakarta.

Dialog Kebangsaan yang dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam mengusung tema “Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

 “Perbedaan, keragaman setajam apapun bila kita melihatnya dengan mengedepankan sisi rahmah maka akan dapat diselesaikan dengan baik,” tutur Menag, Jumat (09/11).

Lebih lanjut, Menag menuturkan keragaman cara pandang maupun perbedaan sikap, sebenarnya bukan hal baru dalam dunia Islam. Tradisi keilmuan Islam, memungkinkan hadirnya keragaman cara pandang terhadap menyikapi suatu hal.

Namun,  Menag menambahkan para ulama maupun ilmuwan muslim terbiasa menyikapi perbedaan tersebut dengan mengedepankan rahmah. Hal ini juga dicontohkan oleh alim ulama di Indonesia.

 “Dan Saya belajar dari guru-guru kita, bagaimana mereka melihat dan menyikapi keragaman itu sebagai suatu rahmah,” imbuh Menag.

Kearifan semacam ini, menurut Menag menjadi modal bagi bangsa Indonesia yang beragam untuk dapat hidup rukun dan damai. Kedamaian menjadi hal penting, karena dalam kondisi bangsa yang damai, umat beragama dapat menjalankan ibadah-ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.

“Kita perlu mensyukuri ini. Karena hanya dalam kondisi suatu wilayah yang damai lah kita dapat melaksanakan ajaran-ajaran agama dengan baik,” kata Menag.


Sumber : –

Penulis : Indah Limy

Editor : Khoiron

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com