kemenag

Membenahi 'Rumah' Ibadah untuk Menemukan Sang Maha Kasih

Terjadi perkembangan yang sangat luar biasa maju di tengah kehidupan masyarakat zaman ini. Banyak orang berlomba membangun rumah ibadah dan tidak sedikit jumlah dana yang dicairkan untuk kemewahan sebuah rumah ibadah.

Apapun keyakinannya, semua berlomba menunjukan “aku” nya di mata “Tuhan” nya dengan sebuah kebanggaan sendiri, bila  mampu membangun Rumah Tuhan (ibadah) yang mampu membawa kepopuleran sebuah nama. Yang tadinya tidak dikenal, mendadak terkenal nama hamba Tuhan yang telah beramal, mendirikan rumah Tuhan untuk beribadah bersama-sama.

Mohon maaf beribu maaf saya akan mencoba dari sudut pandang yang berbeda yang saya peroleh dari ajaran agama Khonghucu. Saya renungi dan hayati, saya temukan inti sarinya yang tersimpan dalam sebuah ayat suci, mungkin sedikit sekali yang memahami isi spiritualnya.

Setelah saya baca, saya menemukan bahwa sesungguhnya tempat rumah Tuhan itu ada dua, di dalam dan di luar diri. Yang di dalam diri sudah ada sejak kita ada di dalam kandungan. Itulah Hati Suci yang menyertai kita sampai akhir, adanya di dalam diri Nei Shen (sedikit orang yang paham). Adapun yang di luar diri (raga) wai shen adalah yang kita jumpai bangunan gedung mewah lengkap dengan pernak-pernik lambang keyakinan atau agamanya.

Didalam kitab Sishu bagian Mengzi tertulis: Bingcu berkata, “Yang benar-benar dapat menyelami hati akan mengenal Watak Sejatinya, yang mengenal Watak Sejati (Rohso Jati) akan mengenal Tuhan Yang Maha Esa.” (BC.VIIA.1)

Bila kita dengan kesungguhan hati meresapi dan menghayati apa yang tertuang dalam ayat tersebut, maka kita akan tahu bahwa rumah Tuhan itu tidak lain ada menyatu di dalam Hati Suci kita. Hati suci itulah yang disebut rumah Tuhan yang sesungguhnya.

Dibangunnya rumah Tuhan yang ada di luar diri, mendatangkan dan mendapatkan pujian serta sanjungan. Sedangkan rumah ibadah yang ada di dalam diri, mendatangkan anugrah illahi, berkah damai yang meliputi seluruh keluarga dan lingkungan dalam keharmonisan.

Sebuah renungan serta pertanyaan ke dalam diri kita masing-masing, bila kita sudah mampu membangun rumah ibadah/ rumah Tuhan yang ada di luar diri, sudahkah kita benahi dan kita bangun rumah ibadah yang utama di dalam diri kita?

Jangan pernah lupakan rumah ibadah asal-usul yang ada di dalam diri kita (hati suci). Jalan yang suci, tempat yang suci ada di dalam satu bungkus ke Esaan Maha Suci yang tidak bisa terpisahkan oleh sebutan Iman. Bila dilupakan, maka kita akan kehilangan. Karena kita telah dilupakan oleh ambisi keegoan, dilupakan oleh kesombongan sang “aku”. Ketika kehilangan Hati Suci, tidak tahu kemana harus mencari.

Masih  di dalam lanjutan ayat tersebut tertulis: “Menjaga hati, merawat Watak Sejati demikianlah mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Bila hasrat tujuan membangun rumah ibadah yang ada di luar diri adalah bentuk pengabdian kepada Huang Tian Tuhan Yang Maha Esa, maka jangan melupakan ayat tersebut di atas, yaitu pesan untuk tetap menjaga hati, merawat Watak Sejati (Hati Suci Rohso Jati Jati Rohso). Apapun yang kita tanam, akan kembali pada kita sendiri yang menuainya.

Orang tua berkewajiban memberikan pitutur kepada yang lebih muda agar tidak hanyut terbawa pusaran air yang menyesatkan. Setiap manusia diberikan hak dan kewajiban yang berbeda-beda. Semua orang bertanggung jawab atas hasil yang ditanam sendiri. Jangan menyalahkan orang lain, karena diri sendiri belum tentu kebenarannya.

Kini tiba saatnya kita membersihkan hati, mensucikan niat hasrat, serta menyelami masuk ke dalam rumah Tuhan yang utama sesungguhnya. Kita juga perlu menerima bimbingan tuntunan hidup selalu dalam Jalan Kebajikan Kebenaran, mampu menjaga batas tengah tepat, tengah harmonis “Tiong”.

Moga Huang Tian Selalu Melindungi. Sheng Ling Bao Hu, Shanzai

 

Haksu KRT Bingky Irawan (Rohaniwan Khonghucu)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: