kemenag

Melihat Geliat PTSP Kanwil Kemenag Jawa Tengah

Melihat Geliat PTSP Kanwil Kemenag Jawa Tengah

  • Jum’at, 11 Oktober 2019 18:20 WIB

Semarang (ikhlasberamalnews) — Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah terus bergeliat. Diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada akhir tahun 2018, layanan PTSP terus bertambah.

“Per hari ini, layanan yang tersedia di PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah mencapai 179 layanan dan semuanya berbasis aplikasi,” terang Kepala Subbag Inmas Afief Mundzir di Semarang, Kamis (10/10).

“Layanan kami juga sudah terintegrasi dengan dengan seluruh PTSP yang ada di 35 Kankemenag Kabupaten/Kota,” sambungnya.

Keunggulan PTSP Kemenag Jateng lainnya, kata Afief, pada penggunaan mesin antrian dengan tiga bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Jawa. Selain itu, semua permohonan yang sudah divalidasi oleh front office dapat ditelusuri alur berkas pengajuannya sudah sampai di mana. 

“Jadi, semua pemohon layanan harus meningggalkan nomor handphone untuk keperluan ini dan dapat mengetahui sejauh mana pengajuan layanannya diproses,” tuturnya.

PTSP Kemenag Jateng juga mengembangkan notifikasi melaui SMS yang diterima oleh pemohon layanan dengan petugasnya. Dengan demikian, jika petugas back office sedang tidak ada di kantor atau di tempat, mereka tetap menerima dan bisa menyelesaikan tugasnya atas permohonan.

“Nomor kode dan barcode yang diterima customer juga bisa digunakan untuk kontrol layanannya. Cukup dengan menggunakan ponsel. Ini fasilitas tambahan di samping layanan notifikasi yang juga telah kami sediakan,” tegasnya.

Di PTSP juga tersedia leaflet untuk semua layanan. Leaflet itu dibuat oleh masing-masing bagian/bidang dan pembimas. PTSP juga menyediakan stand otomatis untuk penilaian atas pelayanan yang diberikan kepada pemohon. “Dengan begitu, maka PTSP Kanwil Kemenag Jateng bisa mengetahui tingkat kepuasan masyarakat     terhadap layanan yang diberikan,” tandasnya. (Syam)


Sumber : Kanwil Kemenag Jateng

Penulis : Kontri

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr