kemenag

Lagi, Kemenag & TNI Kolaborasi dalam Tentara Manunggal Membangun Desa

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama kembali berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 tahun 2019. Kolaborasi ini adalah kali kedua, setelah sebelumnya digelar pada tahun 2015 atau TMMD 94.

“Bagi saya pribadi, selaku  Menteri Agama dan tentu bagi seluruh jajaran Kementerian Agama, ada rasa bangga yang tak dapat dinarasikan dengan kata-kata. Karena, dalam periode lima tahun ini, dua kali Kementerian Agama mendapat kehormatan sebagai penanggungjawab Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa, yaitu TMMD ke-94 tahun 2015, dan TMMD ke-104 tahun 2019 ini,” kata Menag Lukman Saifuddin saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (12/02).

Menag menuturkan, seluruh umat beragama adalah mitra TNI dalam mengawal NKRI. “Sejarah mencatat, kelahiran TNI tidak dapat dipisahkan dari denyut jantung perjuangan umat beragama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” lanjut Menag.

Sekjen Kemenag M.Nur Kholis Setiawan melaporkan, Rakornis TMMD 104 diikuti oleh satker pusat dan daerah. “Kegiatan rakornis  ini mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan, serta meningkatkan sinergitas dan akselerasi pelaksanaan TMMD,” ujar Nur Kholis yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana Rakornis TMMD 104.

Rakornis  TMMD 104, dihadiri 600 orang,  terdiri dari pejabat Kementerian Agama, pejabat TNI, mitra TNI, Pejabat Ketua Tim Asistensi Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Staf PJO TMMD, Perwakilan Staf Umum TNI AD, Kepala Bappeda Provinsi/Kabupaten/Kota, Bupati/Walikota dan Ketua DPRD Kab/Kota Penyelenggara TMMD ke-104.

Sementara Aster Kasad Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari menyampaikan, kegiatan TMMD akan dilakukan selama 30 hari, dimulai sejak tanggal 26 Februari 2014.

“Kegiatan ini akan melibatkan 50 satgas, yang akan diturunkan pada 50 Kabupaten/Kota, 72 Kecamatan, dan 77 desa,” katanya.

Satgas TMMD terdiri dari gabungan unsur TNI, Kemenag, maupun pemerintah daerah. Satgas akan menyalurkan 2000 Al-Quran, 1200 Wedha, dan 100 Injil.

Tak hanya itu, Satgas TMMD 104 juga akan menyalurkan sumbangan ASN Kemenag senilai 1 miliar rupiah. Sumbangan akan disalurkan pada 10 titik, yaitu: empat titik di Sulawesi Tengah, empat  titik di NTB, satu titik di Lampung, dan satu titik di Banten.

Aster Kasad menuturkan TMMD 104 diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan. “Sekaligus, ini mendukung nawa cita Presiden. Terutama program  membangun Indonesia dimulai dari pinggir,” tuturnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: