kemenag

Kontingen KSM Nasional 2018 Awali Hari dengan Senam Germas Bengkulu

Bengkulu (Kemenag) — Waktu masih menunjukan pukul 06.00 pagi, ketika dentuman musik pengiring senam pagi mulai terdengar dari halaman Asrama Haji Bengkulu, Jumat (28/09). 

 

Terlihat para peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018 mulai memasuki areal halaman, dengan mengenakan pakaian olah raga. Tak ketinggalan para guru pendamping maupun panitia dan official KSM Nasional 2018 juga mulai bergabung membentuk barisan untuk melakukan senam pagi. 

 

Tepat pukul 07.00 pagi, senam pagi dimulai. Para peserta tampak antusias mengikuti senam. Apalagi, saat instruktur mulai memasang lagu Senam Germas Bengkulu. Senam Germas Bengkulu merupakan senam gerakan masyarakat yang bertujuan untuk membudayakan gerakan hidup sehat. 

 

“Sengaja hari ini memang kita jadwalkan senam pagi bersama, sebagai sarana refreshing bagi para peserta dan official KSM,” tutur Kasubdit Kesiswaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kesiswaan, dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kemenag Abdullah Faqih, yang ditemui usai senam. 

 

Disamping itu, Faqih berharap kegiatan senam bersama ini juga menjadi ajang silaturahmi dan sosialisasi bagi para peserta KSM Nasional 2018. Suasana senam pagi semakin semarak karena adanya pembagian souvenir dari panitia bagi peserta.”Sejak kemarin mereka sudah berkutat dengan soal, ujian eksperimen dan sebagainya yang cukup melelahkan otak. Hari ini, saatnya mereka bersosialisasi, melakukan aktivitas outdoor, dan berkenalan dengan sesamanya,” kata Faqih. 

 

Hal ini ternyata disambut baik oleh para peserta. Sebut saja Mutmainah dan Ana, siswa Madrasah Aliyah asal Sulawesi Selatan yang terlihat senang usai melakukan senam pagi bersama. “Hilang penatnya ini… Kami kemarin sudah pusing sekali.. lepas bebannya hari ini mi… ” tutur Ana dengan logat Makassar. 

 

Usai kegiatan senam bersama, para peserta juga mendapatkan sosialisasi tentang Madrasah Ramah Anak dari Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) Yanti Sriyulianti. Yanti mengajak anak-anak madrasah untuk mengenal 31 hak anak dengan cara bernyanyi bersama. “Hari ini kita cukup kenalkan empat hak anak lewat tepukan,” kata Yanti.

 

Kegiatan KSM Nasional 2018 telah berlangsung sejak 24 September 2018. Rencananya kegiatan ini akan ditutup Jumat (28/09) malam, oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Penutupan akan berlangsung di GOR Provinsi Bengkulu, mulai pukul 19.00 WIB. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: