kemenag

Kemenag Upayakan Pemulangan Kontingen KSM Nasional asal Sulteng

Jakarta (Kemenag) — Gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018 telah berakhir sejak tanggal 29 September lalu. Namun, hingga hari ini, Selasa (02/10)  kontingen KSM Nasional asal Provinsi Sulawesi Tengah belum dapat kembali ke kampung halaman. Hal ini disebabkan lumpuhnya operasional Bandara SIS Al-Jufrie Palu, akibat musibah tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Jumat (28/09) lalu.

Keterangan ini disampaikan Kasubdit Kesiswaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kesiswaan, dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kemenag Abdullah Faqih, di Jakarta. “Saat ini kita sedang mengupayakan percepatan pemulangan 27 orang kontingen asal Sulteng. Kami telah berkordinasi dengan Mabes TNI untuk dapat melakukan pemulangan kontingen menggunakan pesawat hercules, dari Lanud Halim Perdana Kusuma,” terang Faqih, Selasa (02/10).

Menurut Faqih, saat ini Kementerian Agama memberikan fasilitas akomodasi dan konsumsi bagi kontingen KSM Sulteng hingga  tiba waktu pemulangan. “Sejak hari Sabtu, 29 September, begitu rombongan tiba di Bandara Soekarno Hatta, kita jemput kemudian kami berikan fasilitas penginapan di Wisma Haji, Jalan Jaksa, Jakarta Pusat,” ujar Faqih.

Kontingen yang terdiri dari peserta KSM dan official, juga mendapatkan makan secara gratis sebanyak tiga kali sehari. “Insya Allah kebutuhan pokok, kami penuhi. Penginapan dan konsumsi kami penuhi,” tegas Faqih.

Disamping itu, Faqih juga menuturkan terdapat pihak sponsor yang turut membantu memberikan fasilitas bagi para kontingen. “Ada BNI dan Telkom yang akan turut membantu memberikan fasilitas. Utamanya untuk kebutuhan dan bantuan saat nanti mereka tiba di kampung halaman,” kata Faqih.

Faqih juga menambahkan, pihak sponsor juga mengajak peserta KSM Nasional untuk berkaryawisata. “Ini untuk menghibur anak-anak ini. Kemarin mereka diajak berkunjung ke Monas. Hari ini mungkin ke Taman Mini atau Dufan,” imbuh Faqih.

Saat ini menurut Faqih, pihaknya sedang menunggu kabar dari Mabes TNI dan Lanud Halim Perdana Kusuma, untuk kepastian pemulangan kontingen. “Mudah-mudahan hari ini sudah ada kejelasan jadwalnya. Karena untuk naik hercules ini, mereka kan juga perlu antri dengan relawan, dan sebagainya yang akan diterbangkan ke Palu,” tutupnya.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: