kemenag

Kemenag Susun PMA Pedoman Kerjasama PTKI

Kemenag Susun PMA Pedoman Kerjasama PTKI

  • Sabtu, 29 September 2018 15:59 WIB

Bandung (Kemenag) — Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama tengah menyusun draf Peraturan Menteri Agama tentang Pedoman Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Pembahasan ini berlangsung dalam rapat koordinasi yang dihadiri para wakil rektor bidang kerjasama dan international office PTKIN di Bandung, 26-28 September 2018.

“PMA inindiperlukan untuk mengatur tata cara kerjasama yang akan dilakukan oleh PTKI,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Arskal Salim di Bandung, Jumat (28/09).

Menurutnya,  PMA ini diperlukan agar kerjasama yang di bangun oleh PTKIN,  baik dengan pihak di dalam maupun luar negeri, sesuai dengan aturan yang ada.

“Dengan demikian, proses kerjasama yang dibangun tidak bermasalah di kemudian hari,” ujarnya.

Arskal berharap,  PMA ini sudah berlaku pada 2019. Seluruh PTKIN harus membangun kerjasama yang lebih luas baik dalam maupun luar negeri, karena ini akan berdampak terhadap mutu dan kualitas lembaga.

Arskal meminta agar seluruh MoU dan kerjasama yang telah dibangun oleh setiap PTKI agar dibuatkan direktori kerjasama yang bisa diakses oleh publik. “Dengan adanya direktori kerjasama ini akan mempermudah untuk melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap MoU dan kerjasama yang masih aktif, kadaluwarsa dan yang sudah tidak aktif,” jelas Arskal.

Salah satu program kerjasama yang akan dilaksanakan oleh Kemenag tahun ini adalah pemberian beasiswa untuk mahasiswa luar negeri yang belajar di PTKIN, khususnya di UIN dan IAIN. Ini merupakan salah satu langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat studi agama Islam dunia.

Inisiatif ini disambut positif oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Mahmud. “Alhamdulillah kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan kami berharap dari kegiatan ini akan terbit draf Peraturan Menteri Agama dan pedoman kerjasama yang akan menjadi panduan kita bersama agar dikemudian hari tidak menjadi permasalagan dan temuan,” ujarnya. (Alip) 


Sumber : Diktis

Penulis : Kontri

Editor : Khoiron

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com