kemenag

Kemenag Rembang Terbitkan Buku khutbah Jumat Edukasi Pencegahan Covid

Rembang (ikhlasberamalnews) — Tokoh agama mempunyai peran yang signifikan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Pencerahan tersebut di antaranya adalah membantu pemerintah mengedukasi masyarakat dari perspektif agama, untuk turut menanggulangi penyebaran Covid19.

Karena itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menginisiasi penerbitan buku kumpulan khutbah Jumat tentang edukasi penanggulangan Covid19. Penerbitan buku ini bekerjasama dengan beberapa lembaga dan ormas, yaitu: MUI Kabupaten Rembang, Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rembang, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang, PCNU Lasem, dan PD Muhammadiyah Rembang.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan, penerbitan buku ini merupakan tindak lanjut koordinasi dengan Forkompinda beberapa waktu lalu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid19 di Kabupaten Rembang.

“Setelah rapat dengan Forkompinda, kami melakukan ikhtiar penanggulangan Covid19 dengan menerbitkan buku ini. Buku disusun oleh para ulama bekerjasama dengan MUI, DMI, PCNU dan PD Muhammadiyah,” terang  Ali di Rembang, Selasa (12/01).

Disebutkan Ali, pihaknya telah mendistribusikan buku khutbah ini ke 585 Masjid yang ada di tingkat Kabupaten, kecamatan, hingga desa. Masjid tersebut terdiri atas Masjid Jami’, Masjid Besar, maupun Masjid Agung.

Ali berharap, dengan peran aktif para khatib memberikan ceramah kepada masyarakat, angka perkembangan pasien terpapar Covid di Kabupaten Rembang semakin menurun hingga terbebas dari status zona merah. 

“Kyai dan ustadz merupakan tokoh yang kami nilai mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Karena tingkat kepatuhan masyarakat kepada kyai dan ustadz tinggi, kami berharap akan berpengaruh terhadap perilaku mereka secara signifikan untuk bersama-sama mencegah Covid19 ini,” ujar Ali.

Buku khutbah dengan tebal 40 halaman ini berisi imbauan kepada muslimin untuk secara aktif turut menanggulangi Covid19. 

Beberapa pengisi khutbah Jumat tersebut antara lain Ketua Umum MUI Kabupaten Rembang, KH. Muhammad Munib Muslich, Ketua MUI Kabupaten Rembang, KH. Atho’illah Muslim, Ketua PCNU Rembang, KH. Achmad Sunarto, Ketua PD. Muhammadiyah Kabupaten Rembang, KH. Anshori Sholeh, dan Ketua PD DMI Kabupaten Rembang, KH. Musthofa.  (Shofatus Shodiqoh)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: