kemenag

Kemenag & Polda Jateng Sinergi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Semarang (ikhlasberamalnews) — Kanwil Kemenag Provinsi dan Polda Jawa Tengah menjalin kerjasama dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba. Sinergi ini dituangkan dalam MoU yang ditandatangani oleh Kakanwil Kemenag Jateng Farhani dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono.

“Kita akan bangun kerjasama ini tiga tahun ke depan. Tidak hanya di Kanwil, namun sampai pada Kankemenag dan madrasah. Karena bahaya dari narkotika dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa,” kata Farhani dalam pembukaan Raker Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Rabu (13/02). Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono menyampaikan kerjasama ini merupakan inisiatif Kanwil Kemenag. Condro Kirono mengaku pihaknya juga sudah melakukan tes urin ASN Kemenag Kanwil Jateng. “Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat, bebas dari narkoba,” kata Irjenpol Condro Kirono.

Dijelaskan Condro Kirono, kerjasama ini terkait dua hal pokok, kehidupan umat beragama dan percegahan narkoba. Data 2018, sedikitnya ada 29 kasus di Jateng, yang terkait kehidupan beragama dan toleransi.

“Kami merasa kerjasama ini sangat penting. Terkait pencegahan Narkoba, kita akan laksanakan bersama untuk sosialisasi kepada masyarakat betapa bahayanya Narkoba. Mudah-mudahan kerjasama ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat Jateng,” tutup Condro Kirono.

Wakil Gubernur Jawa Tengah KH Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) yang juga hadir dalam Raker ini menyampaikan bahwa Pemprov Jateng telah memberikan bantuan sebesar Rp205miliar kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Bantuan ini akan didistribusikan kepada ustaz-ustazah yang mengajar di taman pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren se Jateng. Menurutnya, Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Jateng bukan hanya untuk SD, SMP, SMA saja, namun juga untuk madrasah dan pondok pesantren.

Gus Yasin berpesan agar ASN Kanwil Kemenag Jateng terus melakukan pembinaan keagamaan pada seluruh lapisan masyarakat. Dia berharap, sinergitas kerjasama dalam praktek pembinaan keagamaan di masyarakat terus dikembangkan.

“Mari wujudkan layanan terbaik, dengan ditopang dengan akurasi data, untuk membangun moderasi beragama dalam kehidupan keagamaan di Jateng,” tutup Gus Yasin.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: