kemenag

Kemenag Launching Desa Sadar Kerukunan Nagari Sungai Buluh Barat

Padang Pariaman (ikhlasberamalnews) — Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H Hendri menetapkan Nagari Sungai Buluh Barat menjadi Desa Sadar Kerukunan. Menurut Hendri, penetapan Nagari yang berada di wilayah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat sebagai Desa Sadar Kerukunan telah melalui peninjauan dan pengkajian yang matang. 

Hal ini disampaikan Hendri saat melaunching Desa Sadar Kerukunan tersebut bersama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili Asisten 1 bidang Pemerintahan Sekretariat ldarusalam, di SDN 07 Batang Anai, Senin (28/12). “Dipilihnya Sungai Buluh Barat jadi desa sadar kerukunan tentu sudah ditinjau dan dikaji, sehingga pantas untuk dijadikan calon desa percontohan,” ujar Kakanwil Hendri.

Melalui program sub bagian ortala dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kanwil Kemenag Sumbar, Kakanwil menyerahkan SK penetapan desa sadar kerukunan Nagari Sungai Buluh Barat kepada Bupati Padang Pariaman. Ia juga menyerahkan spanduk serta pin desa sadar kerukunan kepada Kepala Kankemenag Padang Pariaman H Helmi.

“Dengan ditetapkannya Nagari Sungai Buluh Barat ini jadi desa sadar kerukunan merupakan penghargaan dan diharapkan bisa menjadi desa percontohan,” harapnya. 

Kakanwil menyebut kerukunan merupakan modal dasar dan besar dalam mengisi pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bangsa kita merupakan bangsa yang majemuk dan heterogen, bangsa kita terdiri dari banyak suku, bahasa, pulau, dan agama sehingga perlu upaya-upaya menjaga, memelihara, dan meningkatkan kerukunan,” papar H Hendri.

Di antara upaya memelihara dan menjaga kerukunan, Kakanwil menuturkan, Kementerian Agama menetapkan dan melaunching desa sadar kerukunan sebagai contoh bagi desa yang lainnya dalam merajut kerukunan.

Kakanwil berharap dengan adanya desa sadar kerukunan ini, masyarakat Nagari Sungai Buluh Barat semakin meningkatkan toleransi antar umat beragama sehingga semakin maju pembangunannya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Nagari Sungai Buluh Barat Kamarullah Datuk Tampang Ulu mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Sumbar karena telah menunjuk Nagarinya sebagai salah satu desa sadar kerukunan di Sumatera Barat.

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Kakanwil Kementerian agama Provinsi Sumbar yang telah berupaya meningkatkan kerukunan di Nagari Sungai Buluh Barat, karena kerukunan ini adalah aset terbesar di Nagari kami,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam launching desa sadar kerukunan ini Camat, Forkopimda, KUA, penghulu, penyuluh, tokoh adat, tokoh agama dan pengurus FKUB se-kecamatan Batang Anai. (rzk)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: