kemenag

Kemenag dan Baznas Kokohkan Ekosistem Perzakatan Indonesia

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama bersama Baznas memperteguh komitmen untuk mengokohkan ekosistem perzakatan di Indonesia. Komitmen ini disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam Rapat Koordinasi Ditjen Bimas Islam dengan Pengurus BAZNAS periode 2015-2020.

“Sinergi Kementerian Agama dan Baznas untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat Indonesia adalah sebuah keharusan. Keduanya memainkan peran sentral dalam mengokohkan ekosistem perzakatan Indonesia,” kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (21/12).

“Komitmen ini akan kami lanjutkan dengan pengurus Baznas yang baru, periode 2020 – 2025,” sambungnya.

Menurutnya, ada sejumlah program yang dilakukan Kementerian Agama untuk membangun eksosistem zakat di tanah air. Program dimaksud antara lain: penguatan literasi tentang zakat, penataan regulasi teknis tata kelola zakat, serta peningkatan kompetensi amil zakat melalui prakarsa Kemenag.

“Kami telah menyusun SKKNI atau Standar Konpetensi Kerja Nasional Indonesia amil zakat,” jelas Kamaruddin.

Selain itu, Kemenag juga melakukan langkah penguatan sistem audit dan pengawasan kepatuhan syariah dalam pengelolaan zakat pada Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Kemenag juga mengembangkan sinergi dan kolaborasi antar stakeholder yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi umat melalui zakat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor  menyampaikan penghargaan kepada Pengurus Baznas periode 2015-2020 yang baru saja mengakhiri jabatannya. Menurutnya, capaian Pengurus Baznas periode 2015-2020 sangat berguna bagi kemajuan Pengurus BAZNAS periode 2020-2025.

“Tentunya kita berterima kasih kepada pengurus lama atas kerja keras dan kerjasamanya dengan Kementerian Agama dalam pengelolaan zakat. Apa yang mereka lakukan sebagai bekal untuk lebih memajukan Baznas ke depan,” terang Tarmizi.

Pada kesempatan ini, Dirjen Bimas Islam menyerahkan Piagam Penghargaan Menteri Agama Fachrul Razi kepada Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Baznas periode 2015 – 2020.

Hadir, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammad Fuad Nasar, Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi, dan Sekretaris BAZNAS Jaja Jaelani. 

Sementara dari unsur Pengurus BAZNAS periode 2015-2020 tampak hadir Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo, Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor, dan pengurus BAZNAS lainnya.

(Humas)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: