kemenag

Kemenag Akan Tempatkan Penyuluh di Setiap Pulau Kepulauan Seribu

Kakanwi Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab (Foto: Ismail)

Pulau Pramuka (ikhlasberamalnews.com) — Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta dan Kantor Kemenag Kepulauan Seribu akan berupaya menempatkan para penyuluh agama di masing-masing pulau. Terobosan tersebut demi meningkatkan pelayanan keagamaan kepada masyarakat tempatan.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab dalam gelaran Menag Sapa Penyuluh Agama DKI Jakarta di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kamis (12/07).

Menurut Saiful, penyuluh agama merupakan jabatan yang sangat strategis. Sebab,  penyuluh dapat berhubungan langsung dengan masyarakat dalam menyampaikan misi-misi keagamaan.

“Kemenag DKI Jakarta dan Kemenag Kepulauan Seribu membuat program di mana penyuluh agama akan ditempatkan di masing-masing pulau agar masyarakat tempatan terlayani dalam penyuluhan keagamaan,” ujarnya di hadapan Menag Lukman Hakim Saifuddin serta ratusan penyuluh agama Islam dan penyuluh lintas agama.

Dikatakan Saiful, penyuluh di Kepulauan Seribu sangat berbeda dalam hal menjalankan tugas dengan para penyuluh agama yang ada di daratan perkotaan Jakarta. Penyuluh di Kepulauan Seribu memerlukan upaya yang sangat handal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tampak hadir dalam gelaran Halal Bi Halal yang dikemas rangakaian acara Sapa Penyuluh dan Dialog bersama Menag Lukman Hakim tersebut, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Ketua FKUB DKI Jakarta, Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Seribu, Kepala Biro HDI Kemenag, Mastuki, Sekretaris Bimas Islam dan pejabat eselon dua Kemenag lainnya.

Menurut Saiful, perlu komitmen tinggi bagi para penyuluh di Kepulauan Seribu yang harus menempuh medan berat dari pulau ke pulau untuk memberikan penyuluhan.

Ia menambahkan, saat ini Kemenag DKI Jakarta juga tengah berupaya di masing-masing pulau di Kepulauan Seribu ada penyuluh fungsional dan honorer agar kerja penyuluh agama lebih efektif dan bisa memberikan pelayanan keagamaan yang memadai.

“Kita mengusulkan agar honor dinaikan atau ada perbedaan dengan penyuluh di daratan. Semoga ini menjadi sinergi yang positif kita bersama untuk terus menbangun kehidupan umat beragama di wilayah Kepualauan Seribu,” kata Saiful.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh di Kepulauan Seribu yang telah bekerja dengan komitmen tinggi untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya yakin dan percaya para penyuluh telah banyak berbuat dalam memberikan pemahaman positif keagamaan kepada masyarakat,” sambungnya.

Saiful Mujab menambahkan sapa penyuluh di Pulau Pramuka dihadiri sekitar 500 penyuluh. Kegiatan ini mengusung tema Penyuluh Hebat Indonesia Kuat dan merupakan tindak lanjut rapat kerja nasional Kementerian Agama.

Dalam acara tersebut Saiful Mujab ikut menjadi moderator dalam gelaran dialog para penyuluh bersama dua pemateri yaitu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua FKUB DKI Jakarta KH.Syafii Mufid.

Baca juga:

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: