kemenag

Kemenag akan Perkuat Regulasi Zakat 

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan Kementerian Agama bersama Baznas terus bekerja memikirkan penguatan regulasi zakat di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Menag dalam sambutannya pada malam Penganugerahn Baznas Award 2019 yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Senin (26/08).

Gelaran malam Anugerah Baznas Award 2019 dihadiri sejumlah pimpinan kementerian dan lembaga negara, para Duta Besar negara sahabat, pengurus Baznas pusat dan daerah, mitra kerja Baznas, serta sejumlah kepala daerah.

“Penguatan regulasi zakat itu salah satunya rancangan regulasi yang mendorong dan mewajibkan pimpinan Kementerian/lembaga pusat dan daerah untuk memfasilitasi pembayaran zakat penghasilan bagi pegawai yang beragama Islam melalui mekanisme penyisihan sebesar 2,5 persen dari gaji dan tunjangan lainnya yang diterima setiap bulan,” kata Menag.

Menurut Menag, Kementerian Agama yang menjadi regulator, pembinaan dan pengawas pengelolaan zakat nasional bersama Baznas selaku operator dan koordinator pengelola zakat dari tahun ke tahun terus melakukan sosialisasi dan edukasi zakat kepada masyarakat.

“Kementerian Agama dan Baznas perlu terus memperkuat peran bersama dalam iklim kebersamaan guna menggerakan zakat yang merupakan sektor sosial ekonomi syariah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menag menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur dan bupati/walikota serta pihak lain yang telah membantu Baznas di wilayahnya.

Sejalan dengan langkah akselerasi penguatan peran Baznas di daerah, Menag pun mengajak semua kepala daerah untuk memberikan dukungan yang maksimal terhadap Baznas. Yaitu, dengan dukungan kebijakan dan anggaran operasional melalui APBD sesuai amanat undang-undang.

“Saya mengapresiasi capaian kinerja lembaga pengelola zakat dalam aktivitas pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan selama ini. Meski angka pengumpulan zakat secara nasional masih belum tinggi, kita semua mensyukuri kenaikan pengumpulan zakat yang rata-rata 20 persen setiap tahunnya,” jelas Menag.

“Terima kasih juga atas partisipasi lembaga pengelola zakat mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin di kawasan terpencil, terluar dan di wilayah perbatasan melalui program sinergi Kampung Zakat dan Program Percontohan (Proper) Dearah Binaan Bimas Islam di sejumlah daerah,” tandas Menag.

Malam itu, Menag menyerahkan anugerah Baznas Award 2019 untuk kategori Kepala Daerah Pendukung Kebangkitan Zakat 2019 yaitu Gubernur, Walikota dan Bupati. 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: