kemenag

Kankemenag Kota Bukittinggi Luncurkan Layanan SIMPUL

Padang (Kemenag) — Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, meluncurkan layanan berbasis online. Layanan berbasis online ini diberi nama Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL). Layanan SIMPUL ini dilaunching oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Hendri, di Aula Kankemenag Kota Bukittinggi, Jum’at (28/09) lalu.

Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi Abrar Munanda, dalam exposenya menyampaikan SIMPUL merupakan generasi baru dalam aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). “SIMPUL ini merupakan pengembangan PTSP yang telah digunakan Kankemenag Kota Bukittinggi sejak Februari lalu,” tutur Abrar, Jumat (28/09).

Dengan keberadaan SIMPUL, Abrar berharap pelayanan Kankemenag Kota Bukittinggi dapat memiliki jangkauan yang lebih luas. “Aplikasi ini juga diharapkan lebih mempermudah dan mempercepat proses pelayanan publik di Kota Bukittinggi,” imbuhnya.

Dikatakan Abrar, pembuatan aplikasi SIMPUL didorong oleh beberapa faktor. Pertama, adanya keinginan masyarakat untuk melakukan konsultasi online. “Mulai dari konsultasi rumah tangga, haji dan umrah, serta masalah-masalah agama lainnya,” jelas mantan Kepala Seksi Kepenghuluan ini.

Kebutuhan masyarakat ini menurut Abrar ternyata seirama dengan  Kankemenag Kota Bukittinggi yang berkeinginan untuk melakukan sejumlah layanan secara online. Diantaranya layanan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) pendidikan agama islam berbasis online, layanan haji dan umrah secara online, serta layanan penyediaan data secara online.

“Kami juga berkeinginan melakukan survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) berbasis online, untuk mengukur kualitas pelayanan publik yang kita lakukan,” jelas Abrar.  

Pada aplikasi yang dapat diakses secara online pada  bukittinggikota.kemenag.go.id/simpul ini,  tersedia enam menu utama yang dapat diakses oleh publik. Mulai dari menu Konsultasi Kita, Layananan dan Prosedurnya, Layanan Berkas Online,  Cek Berkas Saya, Cek Antrian Online, serta Kontak Kami.

Sementara, layanan secara online tersedia bagi tujuh bidang layanan. Yakni, pelayanan yang terkait pada bidang subbagian tata usaha, seksi pendidikan agama islam, seksi bimbingan masyarakat islam, seksi pendidikan madrasah, seksi penyelenggaraan haji dan umrah, seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren, serta layanan penyelenggaraan syariah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Hendri memberikan apresiasi dan penghargaan atas inovasi yang dilakukan oleh Kankemenag Kota Bukittingi terkait penyediaan aplikasi SIMPUL. “Atas inovasi tersebut, kami melalui Biro Humas Data dan Informasi Kemenag memberikan reward berupa pemasangan jaringan VPN IP dan domain kemenag.go.id sebagai penunjang layanan publik di Kankemenag Kota Bukittinggi khususnya melalui program SIMPUL,” kata Kakanwil.

Hendri berharap, inovasi yang dilakukan Kankemenag Kota Bukittinggi dapat dicontoh oleh Kemenag Kota dan Kabupaten yang ada di Sumatera Barat. “Bahkan bisa ditularkan pada  Kankemenag se- Indonesia dengan kemasan yang berbeda dalam rangka optimalisasi pelayanan publik,” harap Hendri. (RinaRisna)

 

 

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: