kemenag

Kakanwil: Diperlukan Langkah Strategis Atasi Persoalan Guru PAI

Kakanwil: Diperlukan Langkah Strategis Atasi Persoalan Guru PAI

  • Senin, 24 September 2018 13:57 WIB

Kakanwil Kemenag Papua Pdt. Amsal Yowei (tengah duduk) saat Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Jay

Jayapura (Kemenag) – Guru merupakan salah satu pilar utama dalam proses pendidikan, berbagai studi menunjukkan lebih dari 50% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh guru. Untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu, guru menjadi kata kunci. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei saat membuka Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun 2018 di Jayapura, Selasa (18/09) mengatakan, dalam realitasnya, guru termasuk guru PAI dihadapkan pada beragam permasalahan antara lain; pengetahuan guru PAI terhadap pengelolaan proses pembelajaran termasuk dalam kategori belum memadai, masih rendahnya penguasaan teknologi, dan maraknya pemahaman radikal pada generasi muda yang masuk melalui proses pendidikan.

“Untuk mengatasi persoalan guru PAI sebagaimana tersebut diatas, maka diperlukan langkah-langkah strategis yang salah satunya melalui  Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan”, terangnya.

Menurutnya, pengembangan keprofesian berkelanjutan GPAI melibatkan para pihak yang salah satunya adalah pengawas PAI, karena ia berfungsi sebagai pembina, pembimbing dan pengemban profesi guru PAI.

“Inilah gambaran pedoman program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAI (PPKB-GPAI) sebagai acuan dan standar pengembangan keprofesian guru PAI bagi semua pihak yang terlibat. Dengan demikian, guru PAI diharapkan dapat melaksanakan tugas keprofesiannya sesuai dengan tuntunan dan harapan masyarakat yakni membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan,” ujarnya.


Sumber : –

Penulis : Kontributor

Editor : dodo

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: