Itjen

Lantik Pejabat, Irjen Berpesan tentang Filosofi Idzhar

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) — Irjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan melantik M. Afitjam Sucri sebagai Kasubbag Rumah Tangga dan Perlengkapan pada Inspektorat Jenderal.

Pelantikan yang berlangsung di kantor Itjen ini dihadiri para pejabat eselon III dan IV. Hadir juga sejumlah auditor dan pelaksana.

Kepada jajarannya, Nur Kholis berpesan tentang filosofi Idzhar. Idzhar adalah salah satu kategori bacaan tajwid yang berarti jelas.

“Seorang  pemimpin harus memiliki ketegasan dan kejelasan. Sebagai pemimpin harus tegas mengambil keputusan, sikap sekaligus melaksanakan tugas tersebut,” terangnya di Jakarta, Kamis (01/02).

Namun demikian, lanjut M Nur Kholis, ketegasan saja tidak cukup. Selain Idzhar, diperlukan Idgham (memasukan).

“Sehebat apapun pemimpin tidak bisa berjalan sendiri tanpa kontribusi ide, masukan dan informasi dari kolega kerja,” jelasnya.

“Pemimpin juga harus akomodatif, kemampuan untuk menyerap dan mengapresiasi gagasan dari lingkungan kerjanya,” lanjutnya.

Hal lain yang perlu dimiliki seorang pemimpin, kata Nur Kholis adalah Iqlab atau kemampuan mengambil terobosan dan inovasi. “Rotasi, penyegaran atau mutasi menurut saya adalah bagian dari proses yang lumrah untuk ditafsiri sebagai proses ikhtiar meningkatkan kompetensi diri sekaligus sarana proses pembelajaran yang lebih mendalam,” terangnya.

Terakhir adalah Ikhfa’ (samar). Birokrat atau pemimpin dalam menghadapai sebuah hambatan/masalah ketika mengambil keputusan dan langkah strategis tidak memerlukan kegaduhan atau setidaknya mampu menghindarkan diri dari kegaduhan. (Fajar, Agus, Ubay).

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: