Itjen

Ali Taher: Investigasi Itjen Penting, Pembinaan Lebih Penting

Bogor (ikhlasberamalnews.com) — Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengatakan bahwa Inspektorat Jenderal Kementerian Agama bertugas mengawal penggunaan anggaran, pusat dan daerah, agar sesuai tujuan dan dapat mendorong pemerataan pembangunan. Dalam kaitan ini, Itjen harus melakukan upaya preventif, kuratif dan edukatif dalam penanganan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). 

“Peran investigasi itu penting, akan tetapi fungsi pembinaan dan pendampingan itu jauh lebih penting,” tegas Ali Taher saat didaulat sebagai narasumber dalam Lokakarya Pengawasan (Lokwas) 2018, di Bogor, Senin (08/01). 

Selain itu, Itjen Kemenag harus meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pengawasan internal dengan konsentrasi pada kantor pusat, di samping pengawasan pada unit pelaksana teknis serta dana dekonsentrasi. Itjen juga harus menjalankan tugas pembantuan dengan bertindak sebagai Quality Assurance dan Advisory Management.

Tugas Itjen lainnya, kata politikus asal NTT ini, mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia pengawasan internal melalui peningkatan kapasitas integritas dan mekanisme kerja. “Kerja-kerja teknis teman-teman auditor menjadi sangat penting untuk mengamankan Kementerian Agama untuk mempertahankan WTP,” ujar Ali Taher.

“Bekerjalah dengan STAF yaitu Sidiq, Tabligh, Amanah dan Fatonah,” pesan Ali Taher pada peserta Lokwas 2018. Ali Taher juga berpesan agar ASN Itjen menjadikan kerja sebagai ibadah, dengan memegang 7 (tujuh) hal yakni disiplin, ikhlas, sabar, baik sangka, istiqomah, tawakal, syukur.

Selain Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, narasumber yang dihadirkan dalam Lokwas 2018 yang dihelat Itjen Kemenag pada tanggal 8-10 Januari 2018, antara lain : narasumber dari BPKP yang akan memaparkan mengenai strategi meningkatkan IACM capabel level auditor. Akan hadir juga narasumber dari BPK yang akan menyampaikan terkait informasi-informasi terbaru terkait audit eksternal serta narasumber dari KPK terkait pencegahan tindak pidana korupsi.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

%d bloggers like this: