kemenag

Irjen Serahkan Bantuan ASN Kemenag Kepada Korban Gempa Lombok

Mataram (Kemnenag) — Inspektorat Jenderal yang juga Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan kembali menyalurkan dana yang terkumpul dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag sebagai tali asih untuk korban gempa Lombok.

“Bapak Menteri Agama dan kami di Kementerian Agama banyak melakukan diskusi, dan memberikan arahan kepada ASN Kemenag untuk tanggap korban gempa. Alhamdulillah dapat direalisir dana tali asih ASN Kemenag dan hari ini ditasarufkan kepada yang terkena dampak gempa Lombok,” kata Irjen Kemenag Nur Kholis Setiawan, di Lombok, Mataram, Jum’at (14/09).

“Dalam fase tindak lanjut tanggap gempa Lombok, sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo ada 3 fase dalam penanganan gempa Lombok ; tanggap darurat, transisi, dan recovery. Kita sudah melakukannya dan berkontribusi serta berpartisipasi pada korban gempa ini,” sambungnya. 

Dijelaskan Nur Kholis, tidak ada rotan akarpun jadi. Tidak ada kelas tendapun jadi. Total tali asih yang terkumpul dari ASN Kemenag sebesar Rp 13,7 miliar.  Dari jumlah itu, sebagian sudah tersalurkan sebagian beberapa waktu lalu. Kemenag juga sedang merevisi anggaran untuk dialoksikan kepada korban gempa, baik itu untuk membangun masjid, gedung pondok pesantren, madrasah dan rumah ibadah lainnya.

“Secara tata kelola keuangan negara, Kemenag sedang melakukan revisi anggaran untuk dialokasi kepada korban gempa, baik membangun masjid, Pontren dan madrasah, ini bagian rangkaian berkepanjangan untuk kembali menormalkan seluruh kegiatan masyarakat,” tegas Nur Kholis.

Guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini juga menyampaikan lebih senang menggunakan kata tali asih sebagai pengganti kata sumbangan. “Karena ini merupakan dana yang terkumpul dari semua ASN Kemenag, saya sebagai Irjen Kemenag mengawal dan membantu Karo umum beserta tim untuk pertanggungjawaban sumbangan yang ada sebesar Rp 13,7 M,” tambah Nur Kholis.

“Siapapun kita tentu adalah orang yang tidak pernah luput dari cobaan, karena cobaan adalah bagian seni dalam kehidupan, jangan bersedih berkepanjangan dan jangan lupa bersyukur, mari kita menjadi orang yang lebih baik,” tutup Nur Kholis.

Kakanwil Kemenag Nasruddin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas segala bentuk tali asih yang sudah diberikan ASN Kementerian Agama kepada masyarakat Lombok yang terkena gempa. “Semoga semua bentuk tali asih yang diberikan mendapat keberkahan dan kemudahan dalam setiap langkah menjalani kehidupan dan tugas kedepan,” kata Nasruddin.

Karo Umum Kemenag yang juga ketua Tim Tanggap Darurat Gempa Lombok Syafrizal dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan hal serupa seperti hari ini. Beberapa waktu lalu, dia sudah memberikan tali asih di Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Hari ini kita salurkan tali asih kepada masyarakat dan ASN Kemenag yang terdampak gempa di Mataram dan Lombok Tengah,” kata Syafrizal.

Selain itu, lanjut Syafrzial, esok hari (Sabtu, 15/09) Bapak Irjen dan Plt Sekjen Kemenag akan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid “Ikhlas Beramal” di Lombok Utara, Kecamatan Tanjung senilai Rp 1 M, pembangunannya sudah berjalan.

“Sekarang sedang proses 75 tenda 6×14 Meter diperuntukkan sebanyak 40 tenda di UIN Mataram dan 35 tenda di Kanwil Kemenag untuk mengatur pembagiannya sebagai lokal sementara pada madrasah dan Pondok Pesantren,” kata Syafrizal.

“Sore hari ini, tali asih disalurkan untuk membangun 3 Vihara masing-masing senilai Rp 100 juta, dan 2 Pura masing-masing seninali Rp 50 juta, akan diserahkan oleh Irjen Kemenag Nur Kholis Setiawan secara simbolis,” tutup Syafrizal.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: