kemenag

Ini Alasan Kemenag Gelar KSM Nasional 2019 di Manado

Ini Alasan Kemenag Gelar KSM Nasional 2019 di Manado

  • Jum’at, 30 Agustus 2019 14:17 WIB

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah 2019. Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara dipilih menjadi tempat gelaran KSM Nasional 2019, yang akan berlangsung  pada 16-20 September 2019. 

“Pemilihan Manado untuk KSM kali ini juga merupakan upaya edukasi kepada siswa bahwa tempat tersebut sebagai tempat yang menyajikan pemandangan hidup bertoleransi antar umat beragama,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Jakarta, Jumat (30/08).

Selain terkenal dengan keindahan wisatanya, selama ini Manado juga dikenal dengan keharmonisan masyarakatnya.  Hal ini menurut Menag sejalan dengan tujuan pelaksanaan KSM sebagai salah satu upaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa madrasah. 

Menag menambahkan, setinggi apapun ilmu dan pengembangan diri dilakukan kepada peserta didik akan sia-sia jika tidak ditanamkan nilai moderasi beragama. “Paham moderat dalam beragama harus selalu dipahami, sehingga menghindari munculnya paham radikalisme dan liberalisme,”ucap Menag.

Gelaran KSM Nasional kali ini pun menurut Menag memberikan nuansa yang berbeda, karena tidak hanya siswa madrasah yang akan berkompetisi dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini. 

“KSM dibuka juga untuk sekolah umum dalam rangka membuka diri, bahwa kompetisi ini bisa diikuti sebanyak mungkin peserta didik bukan saja dari madrasah tetapi juga termasuk siswa dari sekolah umum, kita memberikan kesempatan yang sama kepada semua,”ujar Menag.

Hal ini diharapkan Menag akan lebih memacu semangat siswa madrasah untuk meningkatkan kemampuan diri sehingga mampu berkompetisi dengan siswa sekolah umum. Kegiatan ini juga bertujuan membuka wawasan siswa dalam menjalin hubungan pertemanan dengan siswa di luar madrasah.

KSM 2019 ini diikuti 550 peserta yang terdiri dari 490 peserta dari madrasah dan 60 peserta dari sekolah umum. (Hikmah)


Sumber : –

Penulis : Hikmah

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: