kemenag Kristen

FKUB Sulteng Terima Kunjungan Sekjen Protestant Church in The Netherlands 

Palu (ikhlasberamalnews) — Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah Zainal Abidin menerima kunjungan Sekretaris Jendaeral Protestant Church in The Netherlands Pendeta R. de Reuver. Pertemuan yang berlangsung kantor FKUB Sulteng, Sabtu (13/04) ini dihadiri juga pengurus Majelis Sinode Gereja Protestan Indonesia Donggala.

Menurut Zainal Abidin, kunjungan ini dalam rangka membangun dialog dan kesepahaman dalam mengembangkan kehidupan beragama di Indonesia. Pendeta R. de Reuver menilai kehidupan umat beragama di Indonesia dikenal rukun dan harmonis, meski terdapat enam agama.

“Indonesia meski bukan negara agama, tetapi masyarakatnya beragama dalam naungan Negara Pancasila yang sangat megayomi dan memperhatikan umat beragama karena dijamin oleh UUD 1945,” kata Zainal Abidin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/04).

Pendeta R de Reuver mengaku kagum dan salut dengan kehidupan beragama di Indonesia. Kondisi ini sangat berbeda dengan apa yang dia ketahui sebelum datang ke Indonesia.

“Selama ini masyarakat di Belanda menganggap bahwa muslim di Indonesia tidak jauh berbeda dengan muslim di dunia lainnya, di mana mereka sangat tertutup dan jarang mau bergaul secara luas dengan warga non muslim,” kata Reuver.

Reuver menyadari bahwa analisa mereka di Belanda tentang konteks beragama di Indonesia sangat minim. Faktanya, masyarakat Indonesia rukun dalam keberagamaan dan mampu hidup bersama. “Umat beragama di Indonesia sering berdiskusi bersama dan berdoa bersama untuk keselamatan umat dan bangsa ini,” ujarnya.

Pendeta Reuver berjanji akan menjelaskan hal ini kepada pemerintah Belanda dan warga non Muslim di sana.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Sinode Gereja Protestan Pendeta Dr. R. de Reuver, Miss Corrie Van Der Vea, Pendeta Dr. A.Z. Ronderoum, Uhut Hutapea, SH, Pendeta Erasmue, SH, Pendeta Wilsum Lumpie. Pengurus FKUB Sulteng Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag, Dr. H. Muhtadin Dg. Mustafa, M.HI, Ketut Suasana, SH. MH, dan Agustinus Motoh, SH. Sedangkan Pengurus MUI Kota Palu H. Munif Godal, Lc. MA, Drs. Ulumuddin, M.Si dan Ust. Yunus.

Pendeta Reuver dari Sinode Gereja Protestan Belanada berharap Pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Tengah dapat berkunjung ke Belanda agar bisa menjelaskan kehdiupan umat beragama yang sebenarnya kepada pemerintah Belanda dan masyarakat serta organisasi keagamaan di Belanda. (Muhtadin/RB)

Source link

Tags

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: